Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Jalankan Program Outreach di Papua

Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) mengadakan program Outreach di Papua.

Penulis: Malvyandie Haryadi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Jalankan Program Outreach di Papua
Istimewa
Pembukaan acara One Day Seminar "Current Perpespective in Diagnosis and Management of Osteoporosis and Degeneratif Condition in Spine and Musculoskletal System"   

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) mengadakan program Outreach di Papua.

Kegiatan itu dihadiri Ketua PABOI Edi Mustamsir, Ketua Kolegium Orthopedi dan Traumatologi Ferdiansyah, dan Ketua PABOI Cabang Sulawesi Selatan-Sulawesi Barat-Irian Jaya Jainal Arifin.

Dalam Program Outreach itu yang masih dalam rangkasian Continuing Orthopaedic Education (COE) ke-69 itu, PABOI memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat atau pasien di RSUD Jayapura, memberikan edukasi dalam acara One Day seminar, dan melakukan visitasi untuk mendorong Fakultas Kedokteran Universitas Cendrawasih bisa membuka program studi Orthopaedi dan Traumatologi.

"Mengingat wilayah Papua daerahnya begitu luas dan dibandingkan dengan jumlah dokter Orthopedi yang ada, jelas sangat kurang sekali. Oleh karena itu kami sangat mendukung agar Fakultas Kedokteran Universitas Cendrawasih bisa membuka program studi Orthopedi & Traumatologi di sini," ujar Edi Mustamsir, Ketua PABOI dalam keterangannya Jumat (3/6/2022).

Di lokasi yang sama, Direktur RSUD Jayapura bersama Ketua PABOI Cabang Sulselbar, Irian Jaya, memberikan apresiasi yang tinggi atas kehadiran Ketua PABOI dan Kolegium untuk hadir membantu langsung dan memberikan edukasi kepada para profesional dokter dan perawat di papua.

Pada kegiatan layanan kesehatan, disampaikan oleh dr. Johanes, di RSUD Jayapura terdapat 2 pasien yang akan mendapatkan penanganan oleh Tim Outreach PABOI.

Pasien dengan keluhan Infeksi tulang belakang leher dan pinggang dengan kelemahan dilengan tangan kanan dan kesulitan berjalan.

BERITA TERKAIT

Operasi ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena memerlukan keahlian dan pengalaman khusus.

Dan operasi ini ditangani langsung oleh tim outreach PABOI dan Pedicle Club Indonesia (PCI) diantaranya dr. Yudha Mathan Sakti, Sp.OT(K) dan Dr.dr I Gusti Lanang NAAW, Sp.OT(K).

"Kami bersyukur operasi berjalan dengan lancar dan kedua pasien kondisinya sudah membaik pasca operasi," kata Johanes.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas