Tribun

Pemilu 2024

Durasi Kampanye 75 Hari, Komisi II DPR Sebut Peserta Pemilu 2024 Bisa Manfaatkan Teknologi Informasi

Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan durasi masa kampanye Pemilu 2024 ditetapkan selama 75 hari.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Durasi Kampanye 75 Hari, Komisi II DPR Sebut Peserta Pemilu 2024 Bisa Manfaatkan Teknologi Informasi
Jaka/Nvl (dpr.go.id)
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan durasi masa kampanye Pemilu 2024 ditetapkan selama 75 hari.

Kebijakan merupakan kesepakatan antara DPR RI dalam hal ini Komisi II bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Terkait penetapan masa kampanye itu, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia menyatakan, sejatinya para peserta pemilu dapat memanfaatkan teknologi informasi.dalam melakukan sosialiasi kepada masyarakat.

"Bukan hanya Komisi II, termasuk pemerintah, kemudian KPU dan Bawaslu memandang seharusnya makin ke sini kemajuan teknologi informasi berkembang, tingkat pendidikan politik makin baik, seharusnya ada perubahan dalam cara atau metodologi berkampanye," kata Doli saat ditemui awak media usai rapat kerja dengan KPU di Gedung DPR RI, Senin (6/6/2022).

Karena itu kata Doli, kampanye dengan menerapkan metode tersebut diyakininya tidak perlu memakan waktu yang banyak.

Tak hanya itu, pandemi Covid-19 memberikan pelajaran berarti di mana masyarakat dapat terhubung satu sama lain hanya dengan melalui virtual.

Baca juga: DPR dan KPU Sepakat Biaya Pemilu 2024 Sebesar Rp 76,6 Triliun

Sebab kata Doli, pola komunikasi saat ini telah berubah, dari yang sebelumnya harus bertemu fisik, kini bisa melalui sambungan virtual.

"Sekarang kan nggak, apalagi hikmahnya pandemi Covid-19 orang mulai terbiasa ketemu virtual. jadi yang namanya rapat melibatkan kumpulan massa ribuan, dan kami sebagai insan politik merasa itu gak efektif lagi," kata dia.

Baca juga: Komisi II DPR Jelaskan Alasan Durasi Masa Kampanye Pemilu 2024 Jadi 75 Hari

Tak hanya itu, penerapan pertemuan dengan memanfaatkan teknologi informasi juga kata fraksi partai Golkar tersebut bisa memangkas biaya kampanye.

"Kalau misalkan metodologi atau cara kita minimalisir, tadi dari hitungan matematis berarti kan seminggu udah berkurang. Jadi kalau misalnya 5 kali rapat umum sudah 5 minggu hilang. Nah itu nanti yang bisa membuat masa kampanye itu singkat," ujar Doli.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas