Tribun

Presiden Jokowi dan PM Australia Santai Naik Sepeda Kayu di Istana Bogor

Presiden Jokowi menyambut kedatangan Perdana Menteri (PM) baru Australia Anthony Albanese Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6/2022).

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Presiden Jokowi menyambut kedatangan Perdana Menteri (PM) baru Australia Anthony Albanese Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6/2022).

Ini merupakan kunjungan perdana resmi Albanese ke Indonesia untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ada hal menarik dalam kunjungan kali ini.

PM Albanese diajak bersepeda oleh Presiden Jokowi.

Baca juga: Jokowi Ajak PM Australia Anthony Albanese Tanam Pohon Kamper di Istana Bogor

Sepeda yang mereka pakai adalah sepeda dari bahan kayu yang disebut sepeda Gi buatan lokal Indonesia. Bahan bambu juga turut menjadi penyangga sepeda.

Dilansir dari siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi mengajak PM Albanese bersepeda sejauh 1 kilometer dari Istana Bogor menuju Kebun Raya Bogor untuk menyambangi Resto Rasa yang berada di tengah Kebun Raya Bogor.

Sebelum menggunakan sepeda, kedua pemimpin melepas jas yang dikenakannya. Keduanya lalu mengenakan helm sebelum kemudian mengayuh sepeda ke tempat pertemuan.

Adapun sepeda yang digunakan kedua pemimpin yakni Sepedagi yang merupakan singkatan dari sepeda pagi. Sepeda tersebut merupakan sepeda yang terbuat dari bambu dengan penampang berbentuk oval.

Selama perjalanan kedua pemimpin tampak berbincang. Jalur yang dilalui merupakan jalur yang biasa digunakan presiden Jokowi bersepeda pagi.

Menuju tempat pertemuan kedua pemimpin juga sempat berjalan kaki sambil menuntun sepeda.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas