Tribun

Reshuffle Kabinet

Surya Paloh Berharap Menteri Baru Hasil Reshuffle Kabinet Bisa Bekerja Lebih Baik

Surya Paloh turut menyoroti terkait pelantikan menteri dan wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden RI Joko Widodo.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Surya Paloh Berharap Menteri Baru Hasil Reshuffle Kabinet Bisa Bekerja Lebih Baik
Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh usai memimpin acara Apel Siaga jelang Rakernas NasDem di Area Parkir Timur, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta,Rabu (15/6/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh turut menyoroti terkait pelantikan menteri dan wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu (15/6/2022).

Surya Paloh berharap, para menteri yang ditunjuk Jokowi untuk menggantikan menteri sebelumnya bisa bekerja lebih baik melanjutkan cita-cita pemerintah ke depannya.

Adapun menteri yang dimaksud yakni Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan M Lutfi dan Hadi Tjahjanto menjadi Menteri ATR/Kepala BPN menggantikan Sofyan Djalil.

"Ya (untuk para menteri) harus kerja lebih baik," kata Surya Paloh usai acara Apel Siaga jelang Rakernas NasDem, di Parkir Timur, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Kendati begitu, Surya Paloh tak bisa berkomentar terkait kompetensi kedua menteri tersebut.

Sebab menurutnya, terkait hal tersebut hanya Presiden Jokowi yang bisa menilai sehingga menetapkan kedua figur tersebut menjadi menteri.

Baca juga: Dua Menteri Resmi Diberhentikan Jokowi Hasil Reshuffle Kabinet, Sofyan Djalil dan Muhammad Lutfi

"Pertanyaan itu yang paling bisa menjawabnya adalah Presiden yang mempunya hak prerogatif. Karena apapun, layak tidak layak, tidak terlepas dari subjektivitas di samping objektifitas itu sendiri," kata Surya Paloh.

Ia hanya bisa memastikan kalau Zulhas dan Hadi selaku eks Panglima TNI dipilih Jokowi karena diyakini mampu menyelesaikan tugas di masing-masing pos kementerian tersebut.

Sehingga, kata dia, keduanya diharapkan bekerja sesuai harapan publik.

Baca juga: Keakraban Jokowi dan 7 Petinggi Partai di Balik Reshuffle Kabinet, Tongkat Megawati Curi Perhatian

"Kerja lebih baik, harapan rakyat begitu banyak begitu tinggi," kata Surya Paloh.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Para menteri dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Menteri yang dilantik yakni :

1. Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan

2. Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN

Sementara itu, wakil menteri yang dilantik yakni

1. Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR

2. John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri.

3. Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas