Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PAN dapat Kursi Menteri, Pengamat Nilai Pembentukan KIB Langkah yang Positif

Masuknya PAN disebut juga menjadi angin segar bahwa KIB mendapat ‘restu’ dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in PAN dapat Kursi Menteri, Pengamat Nilai Pembentukan KIB Langkah yang Positif
Biro Pers Sekretariat Presiden/KRIS
Presiden Joko Widodo memimpin pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Wamen ATR Raja Juli Antoni, Wamendagri John Wempi Watipo dan Wamenaker Afriansyah Noor. Biro Pers Sekretariat Presiden/KRIS 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag). 

Dengan demikian tiga partai yang masuk dalam Koalisi Indonesia Bersatu yakni Partai Golkar, PAN dan PPP berada dalam koalisi Pemerintahan saat ini.

Masuknya PAN disebut juga menjadi angin segar bahwa KIB mendapat ‘restu’ dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Karena Jokowi memberikan jabatan kepada  Ketum Golkar Airlangga Hartarto menjabat Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian),  Ketum PPP Suharso Monoarfa menjabat Menteri PPPN/Kepala Bappenas dan terbaru Ketum PAN Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan.

Baca juga: Dapat Penugasan dari Jokowi, Zulkifli Hasan Bakal Bereskan Urusan Pangan

Mengenai hal tersebut, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menegaskan tidak mungkin KIB terbentuk tanpa izin dari Presiden Jokowi. Pasalnya Airlangga dan Suharso adalah anak buah dari Kepala Negara.

“KIB itu kan terbentuk tidak mungkin tanpa seizin Presiden Jokowi. Kita tahu bahwa KIB dibentuk kan Ketum Golkar (Airlangga) dan Ketum PPP (Suharso) itu menjabat sebagai menteri anak buah presiden,” kata Ujang kepada wartawan, Jumat (17/6/2022).

Ujang menuturkan setiap pergerakan yang dilakukan oleh anak buahnya pasti Presiden Jokowi memantaunya. Termasuk mengenai langkah politik dari partai politik menuju Pemilu 2024.

BERITA REKOMENDASI

“Sesuatu apa saja pasti izin, apalagi terkait dengan persoalan pilitik. Saya melihat itu merestui, mengizinkan terbentuknya KIB itu dari Presiden Jokowi,” kata Ujang.

Dengan demikian, kata Ujang, bisa dibilang pembentukan KIB adalah sebuah langkah politik yang amat positif. Terbukti Presiden Jokowi tidak mempermasalahkannya.

Malah kini anggota dari KIB yakni PAN mendapatkan kursi menteri, lalu menjadi bagian dari koalisi pemerintahan Presiden Jokowi-Wapres Ma’ruf Amin. 

“Saya melihat bukan hanya sesuatu yang positif bagi Jokowi. Karena bagaimanapun KIB kelihatannya akan terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Jokowi hingga 2024 nanti,” ujar Ujang.

Seperti diketahui,  Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik dua menteri baru pada Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022).

Keputusan Republik Indonesia Nomor 64B Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. 

Dalam Keputusan Presiden itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas sebagai Menteri Perdagangan, dan Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas