Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sarana Edukasi Gratis Tingkatkan Kemampuan Motorik Anak

Pendidikan tidak hanya didapatkan dari bangku sekolah melainkan dapat dilakukan di mana saja termasuk ruang terbuka hijau seperti taman bermain.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Sarana Edukasi Gratis Tingkatkan Kemampuan Motorik Anak
Ist
Ketua Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Aswanah mengungkapkan ketersediaan sarana edukasi yang dapat dinikmati oleh seluruh warga masih minim di Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kegiatan edukasi tidak hanya didapatkan dari bangku sekolah melainkan dapat dilakukan dimana saja tidak terkecuali dari ruang terbuka hijau seperti taman bermain.

Ketua Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Aswanah mengungkapkan ketersediaan sarana edukasi yang dapat dinikmati oleh seluruh warga masih minim di Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten.

"Untuk lokasi sendiri sebenarnya sudah ada, tetapi masih perlu renovasi dan ditambahkan fasilitas pendukung," Aswanah melalui keterangan tertulis, Senin (27/6/2022).

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang kini tengah mempersiapkan sarana edukasi berupa Taman Pintar yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga.

Baca juga: Storytelling Pilihan Media Edukasi yang Efektif Menjangkau Generasi Muda dan Anak-Anak

Melalui program PLN Peduli dan sebagai wujud Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), ruang terbuka ini nantinya akan digunakan sebagai tempat edukasi bagi segala kalangan umur.

General Manager PLN UIP JBB, Octavianus Padudung menjelaskan bahwa untuk program TJSL PLN di tahun 2022 berfokus pada sektor Pendidikan, Pengembangan UMK, Lingkungan, dan Creating Shared Value (CSV).

BERITA REKOMENDASI

"Sesuai amanat dari Kementerian BUMN, untuk program TJSL di tahun 2022 berfokus pada 4 sektor utama, salah satunya pendidikan," ucap Octavianus.

Bantuan ini rencananya akan digunakan untuk penambahan sarana edukasi berupa permainan yang dapat meningkatkan kemampuan motorik anak dan saung untuk pusat kegiatan edukasi.

Pada fasilitas bermain, akan ada ayunan, mini wall climbing, dan permainan yang dapat digunakan oleh anak untuk melatih kemampuan motoriknya.

Baca juga: Guru PAUD Bisa Berperan sebagai Penyambung Edukasi Gizi untuk Orangtua

"Kemampuan motorik perlu distimulasi untuk memunculkan kemandirian dan sekaligus menunjang tumbuh kembangnya," kata Aswanah.

Di lokasi yang sama, akan dibangun juga saung untuk pusat kegiatan edukasi warga.

"Di saung tersebut akan ada perpustakaan mini dan nantinya kami bersama PLN UIP JBB ke depannya berencana akan mengadakan kegiatan edukasi sekaligus pelatihan untuk warga,” lanjut Aswanah.

Ahmad Muhrim, selaku Kepala Desa Pangkalan berterima kasih atas bantuan yang diterima untuk desanya.

"Semoga dengan adanya Taman Pintar ini dapat memfasilitasi kegiatan edukasi untuk seluruh warga Desa Pangkalan," kata Ahmad.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas