Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan HUT Bhayangkara ke-76, Pakar Hukum Ingatkan Polri Utamakan Restorative Justice

Henry Indraguna menilai pelaksanaan transformasi menuju Polri Presisi tak melulu bicara penegakan hukum namun mengenalkan konsep restorative justice.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Peringatan HUT Bhayangkara ke-76, Pakar Hukum Ingatkan Polri Utamakan Restorative Justice
Tribunnews.com
Ilustrasi Polisi. Pelaksanaan transformasi menuju Polri yang Presisi tak melulu bicara penegakan hukum, namun mengenalkan konsep restorative justice yaitu penyelesaian perkara di luar peradilan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Tim Ahli Bidang Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpes) Henry Indraguna mengucapkan selamat HUT Bhayangkara ke-76.

Menurut dia, pelaksanaan transformasi menuju Polri yang Presisi tak melulu bicara penegakan hukum, namun mengenalkan konsep restorative justice yaitu penyelesaian perkara di luar peradilan.

"Guna mewujudkan visi Polri menuju Presisi yang Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan dengan memaksimalkan fungsi pokok Polri yang melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat," kata Henry, dalam keterangannya, pada Jumat (1/7/2022).

Dia menilai, Kapolri telah menginstruksikan pendekatan-pendekatan secara restorative justice untuk menyelesaikan masalah, khususnya pada kasus yang dinilai dapat diselesaikan secara musyawarah dan mufakat.

Karena masyarakat menginginkan khususnya masalah-masalah kecil bisa diselesaikan.

Kalau dinaikkan memunculkan polemik dimana rasa keadilan, khususnya masyarakat harusnya kita bantu.

"Karena kepastian hukum harus berjalan, akhirnya bermunculan kasus. Pandangan yang tidak bagus terkait rasa keadilan yang harus diperjuangkan khususnya masyarakat kecil," papar Henry.

Baca juga: Hari Bhayangkara, Ingat Sosok Jenderal Hoegeng Imam Santoso, Pernah Terima Uang Pensiun Rp 10 Ribu

BERITA REKOMENDASI

Kemudian Polri memiliki kebutuhan dalam menjalin komunikasi yang baik guna melakukan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas).

"Bagaimana langkah Polri untuk menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan, pelindungan serta pengayoman terhadap masyarakat. Konsep Polri yang Presisi ini adalah sebuah perjalanan panjang," ujarnya.

Dia menambahkan, masyarakat terus mengoreksi dan mengkritik Polri agar lebih baik, terlepas dari semua kekurangan yang dilakukan, Polri harus berkomitmen menjadikan Polri yang semakin dicintai masyarakat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas