Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KSPSI Kepengurusan Baru Komitmen Perkuat Organisasi dan Sinergi dengan Pemerintah

Kepengurusan DPP KSPSI periode 2022-2027 berkomitmen untuk memperkuat organisasi dan sinergi dengan pemerintah.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Dewi Agustina
zoom-in KSPSI Kepengurusan Baru Komitmen Perkuat Organisasi dan Sinergi dengan Pemerintah
Istimewa
Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Pimpinan Yorrys Raweyai periode 2022-2027. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepengurusan DPP KSPSI periode 2022-2027 yang baru saja dilantik kemarin di Bogor, Jawa Barat, memiliki komitmen yang kuat untuk memperkuat organisasi dan sinergi dengan pemerintah serta stakeholder terkait dalam upaya menjawab misi organisasi yaitu Bina Lindung Sejahtera para buruh di seluruh Indonesia.

Demikian diungkapkan Wakil Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Pimpinan Yorrys Raweyai, Arnod Sihite.

"Utamanya kepengurusan baru ini selain punya semangat baru juga punya tekad kuat di bawah komando Ketua Umum menjalankan roda organisasi agar makin kuat, makin berwibawa, makin modern karena terus menjawab tantangan zaman yang muaranya agar tujuan bina lindung sejahtera para buruh di seluruh Indonesia bisa tercapai," kata Arnod Sihite dalam keterangannya, Minggu (3/7/2022).

Baca juga: Lantik DPP KSPSI, Yorrys Minta Pengurus Berpegang Teguh pada Misi Bina, Lindung, dan Sejahtera

Menurut Arnod Sihite, banyak tantangan dan dinamika gerakan buruh yang mewarnai perjalanan bangsa Indonesia selama ini.

Apalagi situasi dua tahun terakhir saat pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia kesadaran akan pentingnya kehadiran organisasi buruh makin relevan.

"Artinya KSPSI juga mampu menyesuaikan diri dengan dinamika dan tantangan yang ada bahkan selama ini cukup banyak memberikan kontribusi nyata baik bergerak bersama pemerintah maupun pelaku usaha serta kerja sama dengan organisasi buruh lainnya dalam rangka membantu buruh Indonesia keluar dari permasalahan yang dialami," ujar Ketua Umum Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Percetakan dan Penerbitan dan Media Informasi Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PP FSP PPMI-KSPSI) tersebut.

Pelantikan pengurus DPP KSPSI periode 2022-2027 di JSI Resort Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/7/2022).
Pelantikan pengurus DPP KSPSI periode 2022-2027 di JSI Resort Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/7/2022). (Ist)
BERITA TERKAIT

Arnod menambahkan, kepengurusan DPP KSPSI yang baru dilantik siap bekerja sama dengan semua pihak terutama bermitra pemerintah.

"Kita masih punya banyak pekerjaan rumah baik dalam konteks pemulihan ekonomi nasional maupun agenda utama mensejahterakan buruh."

"KSPSI sadar bahwa upaya tersebut harus dilakukan secara simultan dengan pemerintah dan stake holder terkait sehingga kami sangat terbuka membangun komunikasi."

"Program-program ke depan pun akan lebih kita fokuskan pada isu-isu pemulihan ekonomi nasional, penguatan organisasi dan perlindungan maksimal demi peningkatan kesejahteraan buruh di seluruh Indonesia," ucapnya.

Pada saat pelantikan, Yorrys Raweyai selaku Ketua Umum mengajak seluruh pengurus untuk berani dan siap untuk melaksanakan tugas.

Baca juga: KSPSI: Bantuan Kapolri Meringankan Beban Buruh yang Terdampak Pandemi Covid-19

Dalam kesempatan tersebut, Yorrys mengatakan, masalah perburuhan dan masalah pekerja tidak akan pernah hilang dalam proses kebangsaan.

Untuk itu, KSPSI selalu berpegang teguh pada misi organisasi yaitu Bina, Lindungi dan Sejahtera.

"Bagaimana kita dengan kepengurusan sekarang ini tetap berkomitmen bersama dengan pemerintah sebagai subjek pembangunan bangsa ke depan. Bagaimana kita secara internal melindungi dan membesarkan anggota," tutur Yorrys.

Terkait sejumlah permasalahan yang terjadi terhadap perburuhan baik secara regulasi, perundang-undangan hingga masalah global, menurut Yorrys hal tersebut perlunya koordinasi untuk menangani hal tersebut.

"DPP KSPSI di bawah kepemimpinan saya, kami punya komitmen hadir sebagai solusi dalam pengabdian kita sebagai bangsa dan negara," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas