Tribun

Respons Menparekraf Sandiaga Terkait Rencana Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo Rp 3,75 Juta

Sandiaga Uno menanggapi soal rencana harga tiket masuk Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp 3.750.000.

Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Respons Menparekraf Sandiaga Terkait Rencana Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo Rp 3,75 Juta
Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi X DPR RI, Senin (4/7/2022). Usai rapat, Sandiaga sempat menanggapi wacana kenaikan harga tiket masuk Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp 3.750.000. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menanggapi soal rencana harga tiket masuk Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp 3.750.000.

Sandiaga mengatakan kenaikan harga tiket tersebut untuk menjaga agak komodo sebagai fauna yang dilindungi tidak punah.

"Ini masih terus dibahas. Yang pasti adalah komunikasi dengan tim teknis bahwa memang daya dukung di Pulau Komodo sangat sedikit, sangat minim dan untuk menjaga agar Komodo tak punah dan bagaimana lingkungan di sana tetap terjaga itu perlu ada pembatasan. Jadi nanti akan komunikasikan seperti apa," kata Sandiaga di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (4/7/2022).

Saat rapat dengan Komisi X DPR RI pun, Sandiaga mendapat masukan pentingnya mengutamakan aspek konservasi.

Baca juga: Tak Hanya Wisata Religi, DPR Dorong Menparekraf Sandiaga Kembangkan Pariwisata di Indonesia Timur

Tapi, harus dipertimbangkan dampak kepada masyarakat berkaitan dengan pemulihan ekonomi.

"Tadi masukan dari Komisi X DPR RI adalah bagaimana ini narasinya ini dilakukan suatu penyesuaian. Jadi jangan narasinya tentang uangnya tapi tentang peran dari masyarakat untuk menjaga situs-situs yang perlu menjaga kelestariannya, destinasi yang harus kita pastikan keberlanjutannya, jadi itu pesan yang saya sangat sepakat," kata Sandi.

Dia meyakini semua masyarakat Indonesia memiliki tanggung jawab untuk melestarikan dan menjaga pariwisata agar berkualitas dan berkelanjutan untuk anak cucu.

Baca juga: Sandiaga: Saya Diberikan Tugas Pak Prabowo Fokus di Kementerian, Tegak Lurus ke Pak Jokowi

"Kita harus bangun destinasi penyangga seperti di Labuan Bajo di Wae Rebo sehingga kunjungan ke sana tak berdampak terhadap penurunan kualitas Pulau Komodo dan ancaman kepunahan dari komodo itu sendiri," katanya.

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas