Tribun

Koalisi Partai Politik

Jalan Pintas Maju Pilpres, Hendri Satrio Sarankan Puan Maharani Minta Jokowi Agar KIB Gabung PDIP

Hendri Satrio menyarankan Puan Maharani untuk meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar mengajak Koalisi Indonesia Bersatu bergabung dengan PDIP.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Jalan Pintas Maju Pilpres, Hendri Satrio Sarankan Puan Maharani Minta Jokowi Agar KIB Gabung PDIP
dok. DPR RI
Ketua DPR RI Puan Maharani. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik dari lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio menyarankan Puan Maharani untuk meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar mengajak Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bergabung dengan PDIP.

Menurut Hendri, hal itu dilakukan jika Puan ingin mengambil jalan pintas untuk maju di Pemilihan Presiden (pilpres) 2024.

Di sisi lain, kata dia, hingga kini KIB juga belum jelas bakal mengajukan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto atau Menteri BUMN Erick Thohir.

"Saya sarankan kalau Mbak Puan mau jalan pintas, penting jalanya itu bisa saja meminta Pak Jokowi atau Bu Mega, KIB aja diminta untuk Mbak Puan daripada KIB belum jelas kan mau ngajukan Airlangga atau Erick," kata Hendri saat dihubungi Tribunnews.com, Selasa (5/7/2022).

Hendri mengatakan, hal tersebut merupakan jalan pintas dan tercepat bagi Puan untuk mencalonkan diri sebagai capres 2024.

"Mending dibilang ke Pak Jokowi minta si KIB-nya itu masuk ke PDIP gitu untuk bisa mencalonkan mbak Puan. Dan itu jalan pintas cepat, tepat menurut saya," ujarnya.

Hal itu, lanjut dia, agar Ketua DPR RI itu lebih menghemat waktu.

"Sehingga Mbak Puan bisa lebih menghemat waktu. Jadi ada koalisi yang isinya ada PDIP, terus anggota KIB mungkin," ungkapnya.

Adapun saat ini, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Baca juga: Dukung UMKM Lokal, Ketua DPR Puan Maharani Borong Telur Asin di Brebes

Sementara, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga kabarnya telah membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Namun, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PDIP hingga kini tampak belum membentuk koalisi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas