Tribun

Taiwan Sepakat Menaikkan Gaji PMI Sektor Domestik, dari Rp 8,6 Juta Menjadi Rp 10 Jutaan/Bulan

Pemerintah Taiwan sepakat menaikkan gaji Pekerja Migran Indonesia sektor domestik sebesar 2.000 NT atau setara Rp 1,5 juta per bulan.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Taiwan Sepakat Menaikkan Gaji PMI Sektor Domestik, dari Rp 8,6 Juta Menjadi Rp 10 Jutaan/Bulan
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengungkapkan bahwa pemerintah Taiwan sepakat menaikkan gaji Pekerja Migran Indonesia sektor domestik sebesar 2.000 NT atau setara Rp 1,5 juta per bulan. Foto Kepala BP2MI Benny Rhamdani (tengah) saat konferensi pers di Kantor BP2MI, Jakarta, Kamis (7/7/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Taiwan sepakat menaikkan gaji Pekerja Migran Indonesia (PMI) sektor domestik sebesar 2.000 NT atau setara Rp 1,5 juta per bulan.

Dengan kenaikan ini, maka nanti PMI sektor domestik akan menerima gaji dari yang semula 17.000 NT (Rp 8,6 juta) menjadi 20.000 NT atau setara Rp 10 jutaan per bulan.

Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran (BP2MI) Benny Rhamdani menyatakan, telah terjadi kesepakatan antara diplomasi Taiwan dengan Indonesia soal penempatan pekerja migran Indonesia di Taiwan.

Baca juga: Kepala B2MI: Sebanyak 15.419 Calon PMI Sektor Domestik Siap Diberangkatkan ke Taiwan

Dalam update terbaru, Benny Rhamdani menyatakan bahwa pemerintahan Taiwan telah menyepakati permintaan BP2MI untuk menaikkan gaji PMI khususnya dalam sektor domestik.

Di mana permintaan itu kerap kali dilayangkan oleh Benny Rhamdani selaku kepala BP2MI pada setiap forum pertemuan dengan Taipei Economic and Trade Office (TETO).

"Pertama melakukan kenaikan gaji bagi PMI sektor domestik yang sejak tahun 2017 Taiwan tidak pernah menaikkan gaji pekerja sektor domestik dari Indonesia," kata Benny Rhamdani saat konferensi pers di Kantor BP2MI, Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Hasil pertemuan itu, per tanggal 21 Juni 2022 kemarin, Taiwan akhirnya menyepakati kenaikan gaji PMI sektor domestik.

Taiwan terakhir kali menaikkan gaji PMI pada 2017 silam.

Adapun kenaikan gaji yang disepakati oleh Pemerintah Taiwan yakni sebesar 3.000 NT (Rp 1,5 juta) per bulan, dari yang semula 17.000 NT (Rp 8,6 juta) menjadi 20.000 NT atau setara Rp 10 jutaan.

"Jadi kalau dikonversi ke rupiah selama tiga tahun kontrak kerja PMI sektor domestik Taiwan akhirnya pekerja kita bisa mendapatkan kenaikan sebesar Rp 54 juta," kata Benny.

Dia menegaskan, keberhasilan desakan untuk Taiwan menaikkan gaji ini semata untuk memperjuangkan harga diri pekerja migran Indonesia.

"Ini keberhasilan diplomasi kita dengan pihak Taiwan dan apa yang BP2MI lakukan jelas ini semata demi dignity dan harga diri negara kita untuk Indonesia dan untuk nasib masa depan PMI," ujar Benny.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas