Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Apa Jenis Vaksin Covid-19 Dosis Keempat?

4 juta nakes akan mendapat dosis keempat vaksin Covid-19 dalam waktu dekat. Apa jenis vaksin Covid-19 dosis keempat yang akan disuntikkan?

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Miftah
zoom-in Apa Jenis Vaksin Covid-19 Dosis Keempat?
Istimewa
Ilustrasi Astra Zeneca - 4 juta nakes akan mendapat dosis keempat vaksin Covid-19 dalam waktu dekat. Apa jenis vaksin Covid-19 dosis keempat yang akan disuntikkan? 

TRIBUNNEWS.COM - Sebanyak 4 juta tenaga kesehatan (nakes) di seluruh Indonesia akan mendapat dosis keempat vaksin Covid-19 dalam waktu dekat.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

"Vaksin keempat sekarang sudah kita bagi, kita utamakan nakes dulu. Karena sekarang sudah enam bulan, data menunjukkan imunitas menjadi menurun," ujar Menkes, Rabu (27/7/2022), dikutip dari Kompas.com.

Diketahui, imunitas dari vaksin booster atau vaksin ketiga menurun selama enam bulan, sehingga dibutuhkan dosis keempat untuk kembali menguatkan kembali kekebalan tubuh.

Lantas, vaksin Covid-19 jenis apa yang akan digunakan sebagai dosis keempat?

Hingga saat ini, belum ada penjelasan resmi terkait jenis vaksin Covid-19 dosis keempat yang akan digunakan pemerintah.

Baca juga: Cara Melihat Lokasi Vaksin Covid-19 secara Online, Lewat Google Maps hingga Website

Mengutip Kontan.co.id, sebuah studi menemukan bahwa penggunaan AstraZeneca (AZD1222) sebagai vaksin Covid-19 dosis keempat berhasil meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi Omicron.

BERITA REKOMENDASI

Data menunjukkan bahwa dosis keempat dari setiap vaksin Covid-19 yang diteliti, termasuk AstraZeneca, 75 persen efektif dalam mencegah infeksi Omicron (VE 75persen, 95 persen CI 71-80 persen).

VE sebesar 73 persen untuk AZD1222 serupa dengan yang terlihat pada vaksin mRNA yang menunjukkan VE sebesar 71 persen (VE 71 persen, 95 persen CI 59-79 persen).

Baca juga: Daftar Lokasi Vaksin Booster se-Jabodetabek Pada 19-22 Juli 2022, Daftar Langsung atau Lewat JAKI

VE telah disesuaikan untuk usia, jenis kelamin, waktu kalender, dan jenis seri vaksin sebelumnya.

Penulis utama penelitian ini, Emeritus Professor Suwat Chariyalertsak, MD, Dr.PH, Faculty of Public Health, Chiang Mai University, Thailand, mengatakan, penelitian ini memberikan data yang sangat dibutuhkan, yang menunjukkan bahwa dosis keempat vaksin Covid-19 dapat membantu mencegah infeksi karena varian Omicron yang sangat menular.

Ia menambahkan, ini juga akan memberikan perlindungan terus menerus dengan boosting sangat penting untuk kelompok berisiko seperti lansia dan masyarakat dengan penyakit kronik.

"Data juga mendukung efektivitas dari pemberian vaksin yang heterolog, atau 'mix and match', dapat membantu upaya berkelanjutan untuk meningkatkan cakupan populasi terhadap dosis booster," kata dia.

(Tribunnews.com, Widya) (Kompas.com, Aji YK Putra) (Kontan.co.id)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas