Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Apa Itu Etika Dan Etiket di Dunia Maya? Berikut Penjelasan Ahli

Koordinator Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia (Mafindo) Indria Triani Puspita mengingatkan pentingnya etika dan etiket berselancar di dunia digital

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Apa Itu Etika Dan Etiket di Dunia Maya? Berikut Penjelasan Ahli
ist
Diskusi daring makin cakap digital "Jangan Asal Copy Paste, Yuk Hindari Plagiarisme", Selasa (2/8/2022).  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Koordinator Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Indria Triani Puspita mengingatkan pentingnya etika dan etiket saat berselancar di dunia digital.

Indria menjelaskan, ruang lingkup etika, yaitu kesadaran, tanggung jawab, kebajikan dan integritas. Etika dan Etiket di dunia maya harus diperhatikan dan seharusnya sesuai dengan dunia nyata. Satu di antaranya dengan tidak melakukan plagiasi.

"Jangan melakukan plagiasi dan kita harus mulai mecoba menulis lagi. Bagaimana mencegah plagiarism, yaitu sitasi, daftar pustaka, paraphrase, aplikasi anti plagiarism dan meminta izin secara resmi," ucap Indria saat diskusi Makin Cakap Digital, Selasa (2/8/2022).

Relawan TIK Provinsi Bali Made Winardana, berujar pengguna internet harus bisa mengamankan perangkat dan identitas digital, lalu memahami rekam jejak digital. Hati-hati dengan malware dan ransomeware yang menyerang perangkat pengguna internat.

"Gunakan 2FA dan gunakan password yang kuat. Jangan lupa menggunakan antivirus yang bagus," ucap Made Winardana.

Kepala Sekolah SMPN 2 Semarapura Ida Bagus Astawa mengatakan, berbudaya digital haruslah sesuai dengan pancasila dan bhinneka tunggal ika dengan cinta kasih, kesetaraan, harmoni, demokratis dan gotong royong.

"Tidak mampu memahami batasan kebebasan dan tidak mampu membedakan keterbukan informasi publik dengan pelanggaran privasi adalah salah satu kendala saat kita berbudaya di dunia digital," ujar Ida Bagus.

Baca juga: Edy Mulyadi Ragukan Independensi Saksi Digital Forensik dalam Lanjutan Sidang Jin Buang Anak

BERITA TERKAIT

Disampaikan saat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Siber Kreasi mengadakan webinar dengan tema "Jangan Asal Copy Paste, Yuk Hindari Plagiarisme".

Webinar diadakan untuk meningkatkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas