Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nadiem Makarim: 1,2 Juta Guru Sudah Menggunakan Platform Merdeka Mengajar

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengungkapkan saat ini 1,2 juta pendidik sudah menggunakan platform Merdeka Mengajar.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Nadiem Makarim: 1,2 Juta Guru Sudah Menggunakan Platform Merdeka Mengajar
Istimewa
Mendikbudristek Nadiem Makarim menghadiri acara puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-27 Tahun 2022 di kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Rabu (10/8/2022). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim mengungkapkan saat ini 1,2 juta pendidik sudah menggunakan platform Merdeka Mengajar.

Platform Merdeka Mengajar, kata Nadiem, memberikan ruang bagi para guru untuk saling berbagi pengalaman.

Hal tersebut diungkapkan Nadiem dalam puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-27 di kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

"Lebih dari 1,2 juta pendidik sudah mengakses dan saling berbagi materi di platform Merdeka Mengajar, sebuah kanal bagi guru-guru untuk belajar, untuk mengajar, dan untuk berkarya serta mendukung implementasi Kurikulum Merdeka," ujar Nadiem.

Baca juga: Peringati Hakteknas, Menteri Nadiem Makarim Ungkap Kesuksesan Platform Teknologi Kemendikbudristek

"Selain itu, sebanyak 3,2 juta pendidik dan dinas pendidikan di seluruh Indonesia telah mengakses berbagai platform teknologi dengan akun belajar.id," tambah Nadiem.

Nadiem mengungkapkan sebanyak 714 ribu mahasiswa, 2.600 perguruan tinggi, 2.700 mitra industri, dan 43 ribu praktisi menggunakan platform Kedai Reka.

BERITA REKOMENDASI

"Sebanyak 364 ribu sekolah telah memanfaatkan terobosan teknologi Kemendikbudristek untuk menghadirkan transformasi pembelajaran yang menyeluruh bagi peserta didik,” kata Nadiem.

Baca juga: Mendikbudristek Nadiem Makarim Bangga Indonesia Jadi Tuan Rumah IOI ke-34

Pada platform Rapor Pendidikan, lebih dari 100 ribu satuan pendidikan telah mengidentifikasi capaian hasil belajar peserta didik hingga iklim keamanan sekolah.

Penggunaan platform Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) dan Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah) juga telah dilakukan oleh lebih dari 200 ribu satuan pendidikan dalam mengelola anggaran dan pengadaan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas