Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cak Imin Sebut Dua Parpol Lagi Bakal Gabung Koalisi PKB-Gerindra

Cak Imin belum memberikan bocoran partai apa saja yang bakal bergabung dengan Koalisi PKB-Gerindra.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Cak Imin Sebut Dua Parpol Lagi Bakal Gabung Koalisi PKB-Gerindra
Tribunnews/JEPRIMA
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subiantoberjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar pada Rapimnas Gerindra di SICC, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). Partai Gerindra dan PKB secara resmi menyatakan berkoalisi untuk pemilu 2024. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengungkapkan bakal ada dua partai politik (parpol) lain yang bakal bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang digagas PKB dengan Partai Gerindra. 

Sinyal bakal bergabungnya dua parpol lain itu diisampaikan Gus Muhaimin kepada wartawan usai Sidang Umum Pembacaan Pidato Presiden dalam Rangka Penyampaian RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 dan Nota Keuangan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). 

Namun, Cak Imin belum memberikan bocoran partai apa saja yang bakal bergabung dengan Koalisi PKB-Gerindra. 

"Saya belum bisa buka sekarang, nanti kalau dibuka sekarang, enggak jadi masuk," kata Cak Imin.

Baca juga: Prabowo Subianto Kutip Ucapan Jokowi Ojo Kesusu, Tanggapi soal Capres Koalisi Gerindra dan PKB

Namun yang pasti, kata Wakil Ketua DPR RI ini, dua partai yang dimaksud sudah melakukan komunikasi secara intensif. 

"Sudah ada dua partai yang intensif (berkomunikasi). Moga-moga positif. Moga-moga jadi. Kalau disebutkan (sekarang), bahaya itu," ujarnya.

BERITA REKOMENDASI

Sebelumnya, PKB dan Gerindra sudah mendeklarasikan kerjasama politik yang ditandai dengan penandatanganan Piagam Deklarasi di Sentul Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). 

Secara hitung-hitungan kekuatan, koalisi dua partai politik ini sebenarnya sudah mencukupi ambang batas minimal pencalonan presiden (presidential threshold/PT) 20 persen. 

PKB memiliki modal 10 persen sedangkan Gerindra memiliki modal suara 12 persen sehingga jika ditotal sudah mencapai 22 persen. 

Ada lima poin Piagam Deklarasi Koalisi PKB-Gerindra.

Salah satu poin pentingnya adalah bahwa calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh kerja sama politik Partai Gerindra dan PKB akan ditentukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar. 

Kesepakatan kerja sama Partai Gerindra dan PKB ditindaklanjuti dengan kerja politik bersama untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang disepakati. 
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas