Tribun

Menko PMK: Pramuka Tempat Ideal Membangun Mental Remaja

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan Pramuka adalah wadah yang tepat untuk membangun mental para pemuda.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Menko PMK: Pramuka Tempat Ideal Membangun Mental Remaja
Istimewa
Menko PMK Muhadjir Effendy saat menerima peserta Jambore Nasional (Jamnas) Gerakan Pramuka XI Tahun 2022 di kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin, (15/8/2022). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan Pramuka adalah wadah yang tepat untuk membangun mental para pemuda.

Menurut Muhadjir, para pemuda akan memiliki mental yang baik jika berkecimpung di Pramuka.

"Pramuka itu tempat yang ideal untuk membangun mental para remaja. Siapapun yang aktif di Pramuka itu biasanya mentalnya bagus," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Senin (15/8/2022).

Hal tersebut diungkapkan Muhadjir saat menerima peserta Jambore Nasional (Jamnas) Gerakan Pramuka XI Tahun 2022 di kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (15/8/2022).

Gerakan Pramuka, kata Muhadjir, merupakan tempat yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai Revolusi Mental pada anak-anak dan remaja.

Menurutnya, nilai-nilai yang diharapkan dari Revolusi Mental yakni integritas, etos kerja, dan gotong royong, kesemuanya ada di dalam gerakan Pramuka.

Baca juga: Menko PMK Muhadjir Effendy Dijadwalkan Jadi Inspektur Upacara HUT RI di Ponpes Al Mukmin Ngruki

"Nilai-nilai Revolusi Mental untuk membangun mental ini semuanya ada di Pramuka," ucap Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan pada gerakan Pramuka, para penggalang diajarkan jujur dan tanggung jawab.

Kemudian diajarkan sikap sportif, kerja keras, pantang menyerah, berani mengambil resiko, dan juga gotong royong.

Dirinya berharap para adik-adik penggalang pramuka supaya menjadi manusia dengan mental yang baik, dan menjadi pemimpin bijak di masa depan.

Baca juga: Menko PMK Prioritaskan Percepatan Penurunan Stunting pada 12 Provinsi Ini

"Beruntunglah adik-adik yang menjadi Pramuka dan dibina oleh kakak pembina yang mumpuni. Saya doakan kunjungan adik-adik di Kemenko PMK akan mendapatkan pengalaman berarti yang akan teringat seumur hidup. Saya doakan semuanya berhasil," kata Muhadjir.

Seperti diketahui, sebanyak 80 orang peserta Jamnas XI yang berasal dari Kwartir Bengkulu, Jateng, DIY, Sulsel, Kaltim, NTT dan Gorontalo bertemu Menko PMK Muhadjir Effendy beserta seluruh pejabat Eselon I dan II di lingkup Kemenko PMK.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas