Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

HUT ke-77 RI : Muryansyah Solo Triathlon 1.293 Kilometer Demi Kampanye Pengelolaan Sampah

Muryansyah, pelaku Solo Triathlon telah menempuh jarak Bali – Jakarta sejauh 1.293 km dan tiba di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Erik S
zoom-in HUT ke-77 RI : Muryansyah Solo Triathlon 1.293 Kilometer Demi Kampanye Pengelolaan Sampah
ISTIMEWA
Menteri LHK Siti Nurbaya menyambut dan memberi apresiasi kepada Muryansyah, pelaku Solo Triathlon yang telah menempuh jarak Bali – Jakarta sejauh 1.293 km, Selasa, (16/8/2022) di Jakarta, guna mengkampanyekan pengelolaan sampah berkelanjutan kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang jalur yang dilewati. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Muryansyah, pelaku Solo Triathlon telah menempuh jarak Bali – Jakarta sejauh 1.293 km dan tiba di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta pada Selasa (16/8/2022).

Aksi Muryansyah diapresiasi Menteri LHK Siti Nurbaya, sebab aksi tersebut guna mengkampanyekan pengelolaan sampah berkelanjutan kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang jalur yang dilewati.

Baca juga: Cerita Prabowo Subianto Ikut Joget Bareng Farel Prayoga di Istana Merdeka Saat Perayaan HUT ke-77 RI

Lewat aksinya tersebut, Muryansyah dapat mengumpulkan 68 ribu kilogram sampah dari sepanjang rute yang dilaluinya, yaitu Bali, sepanjang pantai utara Pulau Jawa hingga Jakarta

"Kita sangat bersyukur menerima pahlawan lingkungan Bung Muryansyah," ujar Menteri Siti dalam keterangannya.

Kegiatan yang dibungkus dengan tajuk “The Rising Tide, A Grassroot Movement For Sustainability”diharapkan dapat memberikan influence dan resonansi yang besar terhadap peningkatan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Menteri Siti mengungkapkan jika Pemerintah sangat berterima kasih atas dukungan dari para pihak terutama para aktivis lingkungan, pemuka agama di Bali khususnya, untuk mengurangi sampah. 

BERITA TERKAIT

"Buat KLHK kegiatan ini menjadi energi baru, terutama terkait teknik-teknik, cara cara kampanye untuk mendorong masyarakat lebih peduli terhadap penyelesaian persoalan sampah kita," ujar Menteri Siti.

Sampah menjadi salah satu sumber yang menyebabkan penurunan kualitas lingkungan.

Baca juga: Semarakkan HUT ke-77 RI, Harga Tiket GIIAS 2022 Dibanderol Rp 77 Ribu

Bukan hanya karena secara estetis, tetapi lebih buruknya, sampah juga merupakan salah satu sumber emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang memicu perubahan iklim.

Pendekatan ekonomi linier dalam pengelolaan sampah dengan ciri khas make, consume, dan dispose, harus digantikan dengan ekonomi sirkular dengan memegang prinsip regenerate natural system, design out of waste, dan keep product and material in use melalui strategi elimination, reuse, dan material circulation. 

Menjalankan prinsip dan langkah-langkah baik dimaksud, merupakan perwujudan dan praktek terbaik dalam menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

Menteri LHK juga menyebutkan jika apa yang dilakukan Muryansyah merupakan langkah kreatif yang memberikan inspirasi bagi masyarakat.

Diharapkan kegiatan ini mendapatkan hasil yang maksimal dengan menumbuhkan inisiatif baru di masyarakat untuk bekerja bersama mengurangi dan menangani sampah secara lebih baik.

Baca juga: NASIB Para Komandan Upacara HUT RI di Istana, Ada yang Jadi Ajudan Jokowi hingga Danlanud

"Yang juga penting ini tidak berhenti sampai disini, seperti tadi yang diharapkan oleh Mas Muryansyah," imbuh Menteri Siti.

Siti mengatakan, semangat Muryansyah yang begitu peduli terhadap persoalan sampah sejalan dengan yang sudah ditekankan Bapak Presiden. 

Menurutnya, ini juga menjadi kado bagi kemerdekaan republik.

"Ini hadiah bagi republik Indonesia yang harus kita lanjutkan," tegasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas