Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mendagri Lantik Kasat Manggala dan Kasat Bina Pelatihan Praja IPDN

Pengangkatan kedua pejabat tersebut tertuang dalam SK Mendagri Nomor 821.2-5103.A tanggal 10 Agustus tahun 2022.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Mendagri Lantik Kasat Manggala dan Kasat Bina Pelatihan Praja IPDN
Ist
Mendagri Tito Karnavian melantik Kombes Singgamata sebagai Kepala Satuan (Kasat) Manggala Praja dan Kombes John Carles Edison Nababan sebagai Kasat Bina Pelatihan (Binlat) Praja IPDN di ruang sidang utama gedung A lantai 3 Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7, Jakarta Pusat, Jumat (19/8/2022). 

TRIBUNNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Kombes Singgamata sebagai Kepala Satuan (Kasat) Manggala Praja dan Kombes John Carles Edison Nababan sebagai Kasat Bina Pelatihan (Binlat) Praja Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN).

Pengangkatan kedua pejabat tersebut tertuang dalam SK Mendagri Nomor 821.2-5103.A tanggal 10 Agustus tahun 2022.

Pelantikan berlangsung di ruang sidang utama gedung A lantai 3 Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7, Jakarta Pusat, Jumat (19/8/2022).

Pengangkatan ini disaksikan langsung Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro dan Rektor IPDN Hadi Wibowo.

Baca juga: Jokowi Perintahkan Mendagri Buat Surat Penggunaan Anggaran Tak Terduga untuk Pengendalian Inflasi

Dalam kesempatan tersebut, Tito memerintahkan Kasat Manggala dan Kasat Binlat untuk transparansi rekrutmen.

Tito pun menitipkan pesan untuk menghentikan kekerasan dan melakukan pendisiplinan yang sehat bagi para praja di IPDN.

"Kita harus mendidik mereka disiplin, kerapihan, dan bersih. Dikarenakan disaat mereka dinas keluar menjadi pemimpin mereka akan bersih dan disiplin tepat waktu," kata Tito dalam keterangan yang diterima.

BERITA REKOMENDASI

Tito juga meminta kepada Kasat baru untuk memanfaatkan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dengan mengirimkan sebanyak mungkin lulusan IPDN sekolah ke luar negeri.

"Sehingga ketika mereka kembali, mereka membuat gelombang besar ilmu dan kultur budaya. Sepuluh tahun kemudian kita akan menikmatinya di mana ada 2.000 lulusan IPDN S2-S3 diluar negeri," ucapnya.

"Merekalah yang menjadi agent of change 'agen perubahan' dan itulah yang sebetulnya kita sebut langkah menuju revolusi budaya dan mental itu," lanjut Tito.

Selain itu, Tito meminta Kasat baru untuk mewujudkan revolusi mental ASN.

Menurut Tito, dengan mental yang kuat masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya melalui pelayanan terbaik.

"Kunci perubahan mental itu ada di Aparatur Sipil Negara. Dan yang konsisten menelurkan ASN itu adalah IPDN. IPDN ini adalah target untuk memulai revolusi mental ASN yang akan berimbas kepada masyarakat, saya minta persiapkan ini semua," katanya.

Diketahui prosesi pelantikan pejabat IPDN tersebut bertepatan dengan tanggal Hari Lahir Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Turut hadir dalam pelantikan yakni Wakil Mendagri John Wenpi Wetip, Inspektur Jenderal Kemendagri Tomsi Tohir Balaw, Sekretaris Jenderal Kemendagri Dr Suhajar Diantoro, Rektor IPDN Dr Hadi Wibowo, jajaran Wakil Rektor IPDN, jajaran Staf Khusus Kemendagri, jajaran Kepala Biro IPDN, dan jajaran Pejabat Eselon 1 Kemendagri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas