Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Resmikan Kick Off Dialog Publik RKUHP, Mahfud MD: Rancangan Ini Sudah Siap

Mahfud MD meresmikan Kick Off Dialog Publik RKUHP untuk disosialisasikan dan didiskusikan kembali secara lebih mendalam.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Resmikan Kick Off Dialog Publik RKUHP, Mahfud MD: Rancangan Ini Sudah Siap
Tribunnews.com/Gita Irawan
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD meresmikan Kick Off Dialog Publik RKUHP di sebuah Hotel di Jakarta Pusat pada Selasa (23/8/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD meresmikan Kick Off Dialog Publik RKUHP untuk disosialisasikan dan didiskusikan kembali secara lebih mendalam.

Peresmian tersebut dilakukan di hadapan Menteri Kominfo Johnny G Plate, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Wamenkumham Eddy OS Hiariej, tim perumus RKUHP dan sejumlah masyarakat di sebuah Hotel di Jakarta Pusat pada Selasa (23/8/2022).

"Dengan mengucap Bismillahirahmaanirahiim pada hari ini, Selasa tanggal 23 Agustus 2022, saya menyatakan “meresmikan Kick Off Dialog Publik RKUHP” untuk disosialisasikan dan didiskusikan kembali secara lebih mendalam," kata Mahfud.

Mahfud mengatakan sudah 77 tahun negara kita merdeka dan kita selalu terus berusaha membuat hukum pidana nasional dalam bentuk kitab undang-undang tersendiri. 

Setelah tidak kurang dari 59 tahun, kata dia, tepatnya sejak tahun 1963, perubahan KUHP telah didiskusikan.

Ia bersyukur saat ini sudah dihasilkan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang relatif siap untuk segera diundangkan. 

"Sudah selama 59 tahun kita terus membahas dan merancang RKUHP ini melalui Tim yang silih berganti dan mendapat arahan politik hukum dari tujuh Presiden sehingga rancangan ini dapat dikatakan sudah siap untuk segera diberlakukan," kata Mahfud.

BERITA REKOMENDASI

Sosialisasi dan dialog, kata dia, sudah dilakukan secara massif di parlemen, kantor-kantor pemerintah, kampus, dan masyarakat luas selama 59 tahun perjalanan RKUHP tersebut.

Baca juga: Lakukan Bedah RKUHP, BEM Nusantara: KUHP Saat Ini Produk Kolonial, Harus Segera Diganti

Meskipun begitu oleh karena hukum harus merupakan cermin kesadaran dan keinginan masyarakat dan harus dipahami oleh seluruh masyarakat, lanjut dia, maka melalui Sidang Internal Kabinet tanggal 2 Agustus 2022 Presiden Joko Widodo meminta agar RKUHP disosialisasikan lagi ke seluruh lapisan masyarakat. 

Presiden, kata dia, meminta agar Kementerian/Lembaga terkait mendiskusikan lagi dengan akademisi, ormas-ormas, civil society organization (CSO) dan lain-lain dari Pusat sampai 
ke Daerah-daerah. 

"Itulah sebabnya kita bertemu dalam acara Kick Off Dialog Publik RKUHP pada hari ini," kata Mahfud.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas