Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wapres Maruf Amin: Pekerja Seni Miliki Peran Mempersatukan Bangsa

Pandemi Covid-19, kata Ma'ruf, memberikan dampak besar di berbagai sektor, seperti ekonomi, kesehatan, termasuk kesenian

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Wapres Maruf Amin: Pekerja Seni Miliki Peran Mempersatukan Bangsa
Istimewa
Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin. Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengatakan para pekerja seni mempunyai peranan untuk menyatukan bangsa melalui karyanya 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengatakan para pekerja seni mempunyai peranan untuk menyatukan bangsa melalui karyanya.

Menurut Ma'ruf, karya seni mampu berbicara melampaui perbedaan

"Pekerja seni, termasuk pelukis, memiliki peran yang penting dalam mempersatukan bangsa karena karya seni berbicara melampaui perbedaan,” ucap Ma'ruf dalam sambutannya pada Pagelaran Seni Lukis Firdaus Alamhudi di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta Pusat, Senin (22/08/2022).

Pandemi Covid-19, kata Ma'ruf, memberikan dampak besar di berbagai sektor, seperti ekonomi, kesehatan, termasuk kesenian.

Dirinya berharap para pekerja seni dapat kembali berkontribusi memajukan bangsa melalui karya-karyanya.

"Saya mendorong pelukis tanah air untuk terus menghasilkan karya yang dapat menjadi medium untuk berbagi ilmu pengetahuan, inspirasi, serta kreativitas, dan mencerminkan nilai-nilai bangsa Indonesia," ujar Ma'ruf.

BERITA REKOMENDASI

Ma'ruf berharap, dengan adanya pameran seni dengan tema Nuansa Kemerdekaan ini, menjadi penanda kebangkitan para pekerja seni dan budaya tanah air pascapandemi Covid-19.

Baca juga: Raih kembali Reputasi, Wapres Minta Polri Lakukan Pembersihan ke Dalam Lebih Tegas

Terlebih, kini semakin banyak pameran seni yang kembali diselenggarakan di berbagai daerah.

“Saya berharap Pameran Nuansa Kemerdekaan turut menandai kebangkitan pegiat seni dan budaya tanah air yang mendapat pukulan akibat pandemi Covid-19," tutur Ma'ruf.

Menutup sambutannya, Ma'ruf berpesan agar semangat nasionalisme dapat terus dijaga dan dikembangkan melalui seni kontemporer karya anak bangsa.

“Mudah-mudahan karya yang kental bernuansa nasionalisme ini dapat ikut melestarikan sejarah bangsa, serta memberikan arti tersendiri di tengah berbagai karya seni kontemporer," pungkas Ma'ruf.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor.

Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi Guntur Iman Nefianto, serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas