Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dilantik Jokowi, Abdullah Azwar Anas Resmi Jadi Menpan RB

Abdullah Azwar Anas resmi menjadi Menpan RB setelah dilantik Jokowi pada Rabu (7/9/2022) di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Daryono
zoom-in Dilantik Jokowi, Abdullah Azwar Anas Resmi Jadi Menpan RB
YouTube Sekretariat Presiden
Abdullah Azwar Anas telah resmi menjabat sebagai Menpan RB menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022 lalu. Ia telah dilantik oleh Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (7/9/2022). Abdullah Azwar Anas resmi menjadi Menpan RB setelah dilantik Jokowi pada Rabu (7/9/2022) di Istana Kepresidenan, Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM - Abdullah Azwar Anas telah resmi menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (7/9/2022).

Pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah terhadap Azwar Anas.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya."

"Demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Azwar mengulangi pernyataan Jokowi.

Setelah diambil sumpahnya, acara pelantikan pun dilanjutkan dengan diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Selain Azwar Anas, Jokowi juga memberhentikan dan mengangkat anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum atau DKPP unsur Tokoh Masyarakat periode 2022-2027.

Baca juga: Profil Azwar Anas, akan Dilantik Jokowi Jadi Menpan RB, Pernah Digadang Jadi Kepala Otorita IKN

Adapun anggota yang diangkat adalah I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Ratna Dewi Petalolo, Muhammad Tio Aliansyah, Heddy Lukito, dan J. Kristiadi.

BERITA TERKAIT

Sama dengan Azwar Anas, kelima anggota DKPP periode 2022-2027 juga diambil sumpahnya oleh Jokowi dan dilanjutkan dengan diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sebagai informasi, Azwar Anas  menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Kemudian sebelum dilantik, posisi Menpan RB sempat dijabat oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menko Polhukam Mahfud MD secara ad interim.

Adapun Tito menjabat dari 4 Juli-15 Juli 2022 dan diteruskan oleh Mahfud MD.

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas