Tribun

Azwar Anas Dilantik Jadi Menteri

Karangan Bunga di Kantor KemenPAN RB, Usai Azwar Anas Dilantik Presiden Jokowi

Abdullah Azwar Anas resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) di Istana

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Karangan Bunga di Kantor KemenPAN RB, Usai Azwar Anas Dilantik Presiden Jokowi
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Penampakan sejumlah karangan bunga di kantor KemenPAN RB, Jalan Jenderal Sudirman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Abdullah Azwar Anas resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) di Istana Kepresidenan pada hari ini, Rabu (7/9/2022).

Azwar Anas menggantikan Tjahjo Kumolo yang wafat pada 1 Juli lalu.

Seusai pelantikan tersebut, sejumlah karangan bunga pun terlihat berjejer di depan pintu masuk Kementerian PAN RB, Jalan Jenderal Sudirman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Karangan bunga ini berisi ucapan selamat atas dilantiknya Abdullah Azwat Anas menjadi MenPANRB.

Berdasarkan pantauan Tribunnews.com di lokasi pada sekira pukul 15.00 WIB, terlihat ada 15 karangan bunga yang dipajang di Kantor KemenPAN RB.

Abdullah Azwar Anas telah resmi menjabat sebagai Menpan RB menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022 lalu. Ia telah dilantik oleh Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (7/9/2022).
Abdullah Azwar Anas telah resmi menjabat sebagai Menpan RB menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022 lalu. Ia telah dilantik oleh Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (7/9/2022). (YouTube Sekretariat Presiden)

Karangan bunga itu diberikan oleh sejumlah tokoh pemerintahan, di antaranya Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Wakil Bupati Banyuwangi H. Sugirah dan Ketua KPPU RI Ukay Karyadi.

Kemudian dari Direksi dan Komisaris Bank BRI, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Pegadaian Ferdian Timur Satyagraha, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banyuwangi Eneng Siti Hasanah, Goverment and Stakeholder Relations PT Mandiri Manajemen Investasi.

Karangan bunga dikirimkan pula dari Manajemen IICD/IIPG Sigit Pramono, Asisten Administrasi Umum Kabupaten Banyuwangi Khoiril Ustdu Yudawanto, Plt. Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Banyuwangi Arief Setiawan, Sekda Kabupaten Banyuwangi Mujiono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banyuwangi Dwi Yanto, Kepala Dinas PU Pengairan Kabupaten Banyuwangi Guntur Priambodo.

Diketahui, Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) no 91B tahun 2022 tentang pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (7/9/2022).

Pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah terhadap Azwar Anas.

Baca juga: Sosok Abdullah Azwar Anas, Politisi PDIP yang Resmi Dilantik Jokowi Jadi Menpan RB

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya."

"Demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Azwar mengulangi pernyataan Jokowi.

Sebelum menjabat MenPANRB, Azwar Anas menduduki posisi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Azwar Anas juga pernah menjabat Bupati Banyuwangi selama dua periode, yakni 2010-2015 dan pada 2016-2021.

Azwar juga pernah menjabat sebagai anggota MPR RI (1997-1999) dan anggota DPR RI (2004-2009).

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas