Tribun

Pemilu 2024

VIDEO Soal Tuduhan KPU Langgar Aturan Pemilu 2024, Bawaslu Tolak Laporan Partai Pelita & Partai IBU

Bawaslu menyatakan KPU selaku terlapor tidak terbukti melakukan pelanggaran administrasi.

Penulis: Lendy Ramadhan
Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Putusan sidang sengketa Pemiliu 2022 antara Partai Pelita dan Partai Indonesia Bangkit Bersatu (IBU) melawan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dibacakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di ruang sidang Bawaslu, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (9/9/2022). 

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menolak laporan Partai Pelita dan Partai Indonesia Bangkit Bersatu (IBU) yang menuduh Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pelanggaran administrasi tahapan Pemilu Serentak 2024.

"Menyatakan terlapor tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran administrasi pemilu," ujar Ketua Majelis Pemeriksa yang juga Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, di persidangan, pada Jumat (9/9/2022).

Putusan ini dibacakan setelah Bawaslu sebelumnya melakukan pemeriksaan terhadap laporan para pelapor dan menghadirkan saksi - saksi dari kedua pihak, serta pemeriksaan bukti.

Bawaslu menyatakan KPU selaku terlapor tidak terbukti melakukan pelanggaran administrasi.

KPU dinilai sudah melaksanakan tata cara prosedur dan mekanisme sesuai peraturan.

"Bahwa Bawaslu terhadap hasil pemeriksaan dalam persidangan mengambil kesimpulan bahwa tindakan terlapor dalam memproses pendaftaran Partai Pelita sebagai calon peserta Pemilu 2024 telah sesuai dengan tata cara prosedur dan mekanisme yang telah diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan," terang Bagja.(Lendy Ramadhan/Danang Triatmojo)

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas