Tribun

Hasto Sarankan 2 Kepala Daerah Muda dari PDIP Bekerja Sama Kembangkan Pariwisata Berbasis Kebudayaan

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto sarankan Bupati Trenggalek M. Nur Arifin dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana bekerja sama.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Hasto Sarankan 2 Kepala Daerah Muda dari PDIP Bekerja Sama Kembangkan Pariwisata Berbasis Kebudayaan
Tribunnews.com/Hasanuddin Aco
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (17/9/2022). Pada kesempatan itu, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto sarankan Bupati Trenggalek M. Nur Arifin dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana bekerja sama untuk kembangkan pariwisata berbasis kebudayaan 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Hasanuddin Aco

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koneksitas daerah untuk membangun sektor pariwisata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat memang menjadi program yang ingin dibangun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Upaya itu pun terlihat ketika Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mendatangi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (17/9/2022).

Seusai membuka Kongres Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara/SN) di Bantul, Hasto bersama sejumlah kepala daerah asal PDIP melakukan santap siang.

Santap siang itu dihadiri Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Bupati Trenggalek M. Nur Arifin, dan Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo.

Di sela-sela makan siang itu, Hasto mengatakan kepada kepala daerah asal PDIP itu bahwa partai ingin menggenjot lebih banyak lagi sektor pariwisata. Dia mengatakan pariwisata tanah air harus menggabungkan antarberbagai daerah agar semakin menjual.

"Gus Ipin dan Mas Ditho ini masih muda, sehingga pemikiran muda ini tentunya punya nuansa tersendiri dalam mengembangkan pariwisata. Namun yang terpenting daerah dan daerah lainnya harus saling dukung agar tercipta pariwisata yang berkesan bagi dunia," kata Hasto.

"Kepala daerah PDI Perjuangan harus bekerja sama mengembangkan pariwisata berbasis kebudayaan," tambah Hasto.

Baca juga: SBY Turun Gunung, Hasto Jawab PDIP akan Naik Gunung Jika Tebar Fitnah ke Jokowi

Bupati Trenggalek M. Nur Arifin atau yang akrab disapa Gus Ipin itu mengatakan daerah sudah memiliki tempat wisata berbasis kebudayaan.

"Desa Wisata Pandean, desa wisata berbasis konservasi sungai dan adat istiadat, menjadi satu di antara 50 desa wisata terbaik se-Indonesia pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia," katanya.

Selain itu, Gus Ipin juga menyampaikan kepada sesama kader PDIP bahwa dirinya sedang mengembangkan program Sadewa (Seratus Desa Wisata) di Trenggalek.

"Desa ini merupakan kolaborasi antarmasyarakat dengan melindungi alam, melestarikan budaya, dan potensi ekonomi lokal. Ini yang sedang kami kembangkan," lanjut bupati berusia 32 tahun itu.

Pada kesempatan itu, Hasto juga menyarankan Gus Ipin bekerja sama dengan Ditho. Terlebih dua daerah itu secara geografis berdekatan, sama-sama terletak di Jawa Timur.

Baca juga: SBY Khawatir Pemilu 2024 Tidak Adil, PDIP Ungkit Kecurangan Pemilu 2009 dan Anas Urbaningrum

Ditho menyampaikan daerah sedang dibangun bandara yang memang melayani destinasi di Kota/Kabupaten Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Blitar, Ponorogo, dan Nganjuk.

Bupati berusia berusia 30 tahun itu menilai Trenggalek bisa terlibat nantinya di bandara tersebut.

Gus Ipin pun menanggapi masukan dari Ditho itu.

"Menyambut adanya bandara di Kediri, bersama Bupati Kediri, kami menginisiasi Festival Selingkar Wilis, sebagai bentuk kolaborasi masyarakat di sekitar Gunung Wilis untuk menunjang kebangkitan ekonomi," jelas dia.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas