Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bantu Developer Membuat Aplikasi dan Layanan Inovatif, Java 19 Dirilis Bulan Ini

Seiring dengan percepatan upaya transformasi digital yang terjadi secara terus menerus saat ini, developer akan memiliki peran yang sangat penting.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Bantu Developer Membuat Aplikasi dan Layanan Inovatif, Java 19 Dirilis Bulan Ini
ist
Kemendikbudristek dan Oracle Indonesia telah memperbarui kesepakatan untuk mengintegrasikan kurikulum Oracle Academy dan sumber daya teknologi ke dalam inisiatif Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek untuk empat tahun ke depan.Selain melatih 2.000 pendidik tambahan dan 50.000 siswa di seluruh Indonesia, kolaborasi ini akan menyediakan platform bagi lebih dari 1.000 institusi pendidikan untuk bergabung dengan program pendidikan filantropi Oracle. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Seiring dengan percepatan upaya transformasi digital yang terjadi secara terus menerus saat ini, developer akan memiliki peran yang sangat penting.

Developer terlomba menghadirkan pembaharuan, inovasi yang akan membantuk klien mampu meningkatkan produktivitas dan mendorong inovasi di seluruh bisnis.




Davian Omas, Managing Director, Oracle Indonesia mengatakan, pihaknya memberikan perhatian yang serius terkait perkembangan perusahaan di Indonesia.

"Kami berupaya membantu mengembangkan perusahaan di Indonesia melalui inovasi terbaru ini untuk membantu mereka membuat aplikasi dan layanan inovatif untuk generasi bisnis berikutnya,” kata Davian Omas dalam keterangannya, Sabtu (1/10/2022).

Salah satu yang dilakukan Oracle adalah menghadirkan Java 19 yang menghadirkan ribuan peningkatan kinerja, stabilitas, dan keamanan, termasuk peningkatan pada platform yang akan membantu para developers. 

Java 19 adalah hasil kolaborasi ekstensif antara insinyur Oracle dan anggota lain dari komunitas developer Java di seluruh dunia melalui Proyek OpenJDK dan Java Community Process (JCP).

BERITA TERKAIT

"Selain peningkatan baru ini didukung oleh Java Management Service – layanan asli Oracle Cloud Infrastructure (OCI) – yang menyediakan panel kaca tunggal untuk membantu organisasi mengelola runtime dan aplikasi Java di lokasi atau di cloud apa pun," katanya.

Oracle akan memamerkan kemampuan terbaru Java 19 ini di JavaOne 2022, yang akan berlangsung pada 17-20 Oktober di Las Vegas.

Baca juga: Rilis Laporan Keuangan, Pendapatan Oracle di Segmen Layanan Cloud Meningkat 45 Persen  

"Kami memberikan Fitur Java baru setiap enam bulan melalui jadwal rilis yang dapat diprediksi," kata Davian.

Disebutkan, pembaruan ini memberikan aliran inovasi yang stabil sambil memberikan peningkatan berkelanjutan pada kinerja, stabilitas, dan keamanan platform, membantu meningkatkan pervasive Java di seluruh organisasi dan semua skala industri.

Java Development Kit (JDK) 19 memberikan peningkatan bahasa dalam proyek OpenJDK Amber (Pola Rekam dan Pencocokan Pola untuk Switch); peningkatan perpustakaan untuk beroperasi dengan Kode non-Java (Fungsi Asing dan API Memori) dan memanfaatkan instruksi vektor (API Vektor) dari proyek OpenJDK Panama.

Kemudian dalam hal  pratinjau pertama untuk Project Loom (Utas Virtual dan Konkurensi Terstruktur), yang secara drastis akan mengurangi upaya yang diperlukan untuk menulis dan memelihara aplikasi bersamaan dengan throughput tinggi di Java.

Arnal Dayaratna, Research Vice President, Software Development, IDC menilai developer Java semakin mencari alat untuk membantu mereka secara efisien membangun aplikasi yang sangat fungsional untuk ditempatkan di cloud, on-premise dan di lingkungan hybrid.

Baca juga: KPK Limpahkan Berkas Dirut PT Java Orient Property Penyuap Eks Wali Kota Yogya ke Pengadilan Tipikor

“Peningkatan di Java 19 memenuhi persyaratan ini dan menggambarkan bagaimana ekosistem Java diposisikan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan developer dan perusahaan saat ini dan di masa depan,” katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas