Tribun

Pekerja Migran Indonesia di Arab Saudi Kini Bisa Bekerja di Sektor Formal

Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor mendorong penempatan PMI ke Arab Saudi untuk sektor formal.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pekerja Migran Indonesia di Arab Saudi Kini Bisa Bekerja di Sektor Formal
Istimewa
Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor saat berbincang dengan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi. Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor mendorong penempatan PMI ke Arab Saudi untuk sektor formal. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hingga saat ini, Pekerja Migran Indonesia (PMI) banyak tersebar di berbagai negara, satu dia ntaranya di kawasan Timur Tengah.

PMI tidak hanya memiliki peran yang sangat krusial bagi keluarga, namun juga negara.

Baca juga: Kemlu Kembali Akan Pulangkan 214 PMI Korban Perusahaan Judi Online di Kamboja 

Karena keberadaan mereka dapat meningkatkan perekonomian keluarga sekaligus meningkatkan devisa negara.

Oleh karena itu, keberadaan PMI ini harus memperoleh perhatian banyak pihak, termasuk pemerintah.

Terkait dengan penempatan lokasi kerja bagi PMI di luar negeri, Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor mendorong penempatan PMI ke Arab Saudi untuk sektor formal.

Hal tersebut disampaikannya saat menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara puluhan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) dengan perusahaan Arab Saudi ARCO Human Resources Company.

Penempatan PMI pada sektor formal ini, kata dia, dapat menghapus stigma yang melekat bahwa pekerja Indonesia hanya handal pada sektor informal saja.

"MoU ARCO dan para Pengusaha Migran Indonesia dalam membangun kerja sama di sektor formal merupakan harapan baru bagi masyarakat Indonesia untuk membuktikan bahwa masyarakat Indonesia tidak hanya sebagai pekerja non formal," kata Afriansyah, dalam keterangan resminya, Sabtu (1/10/2022).

Baca juga: BP2MI Beri Pembekalan Kepada 2.680 CPMI-PMI untuk Penempatan Korea Selatan, Taiwan, dan Malaysia

Ia berharap para pengusaha penempatan PMI dapat memberikan jaminan kualitas dan tenaga kompeten pada masing-masing bidang yang akan ditempatkan.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Direksi ARCO, Fahad Saleh Al-Zuba berharap kerja sama pihaknya dengan puluhan P3MI dapat meningkatkan kontribusi hubungan kerja sama strategis antara Arab Saudi dan Indonesia.

"Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi pemantapan hubungan kerja sama strategis antara Arab Saudi dan Indonesia di bidang penyediaan lapangan kerja bagi Tenaga Kerja Indonesia di sektor publik dan swasta di Kerajaan," kata Fahad Saleh.

Penandatanganan MoU antara ARCO dan puluhan P3MI ini turut disaksikan pula oleh Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas