Tribun

Bursa Capres

Pertemuan Anies Baswedan - AHY Disebut Jadi Sinyal Partai Demokrat Beri Dukungan Politik

Dalam pertemuan tersebut terbentuk narasi terkait hubungan personal antara Anies dengan AHY yang cukup mendalam sejak masa perwira-akademisi.

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Pertemuan Anies Baswedan - AHY Disebut Jadi Sinyal Partai Demokrat Beri Dukungan Politik
TRIBUNNEWS.COM/HO
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bertemu Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kantor DPP Partai Demokrat di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022) pagi.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis (TPS), Agung Baskoro menilai pertemuan ini adalah hal positif bagi Anies Baswedan.

Menurutnya, pertemuan kedua tokoh itu berpotensi menambah dukungan politik bagi Anies Baswedan.

“Pertemuan Anies dan AHY ini pertanda bahwa Demokrat berpeluang menambah dukungan politik bagi Anies setelah NasDem secara resmi mendeklarasikannya,” kata Agung Baskoro saat dihubungi Tribunnews.com, Jumat (7/10/2022).

Dalam pertemuan tersebut, lanjut dia, terbentuk narasi terkait hubungan personal antara Anies dengan AHY yang cukup mendalam sejak masa perwira-akademisi.

Baca juga: Anies Baswedan dan AHY Bertemu, Elite Demokrat: Keputusan Tetap Ada di Tangan SBY

Bahkan, rivalitas saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 pun tidak memecah hubunga kedua tokoh tersebut.

“Malah sekarang semakin hangat,” kata Agung.

Dia pun menyoroti pidato Anies dalam deklarasi pencapresan oleh NasDem beberapa waktu lalu yang menyinggung soal ‘Community and Change.

Itu disebut sebagai landasan bahwa keberlanjutan atas hal-hal positif yang dilakukan pemerintahan hari ini dan perubahan atas hal-hal yang belum baik.

Hal itu pula, lanjut Agung, diamini AHY sebagai sebuah keniscayaan bila Indonesia ingin maju, serta lebih baik.

Agung menilai modal awal Anies berelasi dengan Demokrat ini ditambah pula karena saat menyambut Pilpres 2014, Anies merupakan salah satu peserta yang diundang untuk mengikuti Konvensi Partai Demokrat.

“Dari sejarah ini, baik AHY Ketum Demokrat maupun SBY (Susilo Banbang Yudhoyono) sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat sudah lama mengetahui kapasitas personal Anies,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi kantor DPP Partai Demokrat yang beralamat di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022) pagi.

Berdasarkan pantauan Tribunnews.com di lokasi, Anies Baswedan tiba sekitar pukul 09.30 WIB yang disambut langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama para pengurus partai dan anggota DPD serta DPC Partai Demokrat.

Setibanya di markas partai berlogo mercy itu, AHY langsung membawa Anies Baswedan ke arah dalam ruang pertemuan.

Setelah keduanya melakukan pertemuan, Anies dan AHY langsung menemui awak media untuk memberikan keterangan pers.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas