Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemenkominfo Minta Mahasiswa Beri Literasi Digital ke Masyarakat Lewat Program KKN

Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan, Bambang Tri Santoso, mengajak mahasiswa membantu penanaman literasi digital ke masyarakat.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kemenkominfo Minta Mahasiswa Beri Literasi Digital ke Masyarakat Lewat Program KKN
Tangkap layar akun TikTok @fnslmn01
ilustrasi KKN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan, Bambang Tri Santoso, mengajak mahasiswa membantu penanaman literasi digital ke masyarakat.

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN), menurut Bambang, merupakan medium efektif untuk penanaman literasi digital.

Bambang mengajak mahasiswa peserta KKN agar menyampaikan kembali materi-materi literasi digital ke masyarakat setempat di lokasi KKN mereka.

"Di sela-sela KKN-nya, mungkin ada 2-3 hari di mana adik-adik bisa menyampaikan materi literasi digital," tutur Bambang melalui keterangan tertulis, Sabtu (8/10/2022).

Hal tersebut diungkapkan oleh Bambang dalam Pembekalan Literasi Digital bagi KKN yang dilaksanakan oleh Kemenkominfo dan Universitas Negeri Manado (UNIMA).

Dirinya menyampaikan mengenai tiga pilar Indonesia Digital yaitu Pemerintah Digital, Masyarakat Digital, dan Ekonomi Digital.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Manado, Deitje A. Katuuk mendukung program Literasi Digital bagi peserta KKN Universitas Negeri Manado.

Baca juga: Dirjen Aptika Kominfo: Indeks Literasi Digital Indonesia Perlu Ditingkatkan

BERITA REKOMENDASI

"Saya harapkan semua program yang dilaksanakan di KKN nanti dapat diselesaikan dan dilaksanakan dengan baik. Jagalah nama baik diri sendiri, jagalah nama baik universitas,” ujarnya.

Seperti diketahui, Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Universitas Negeri Manado dan diikuti oleh 963 mahasiswa KKN.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kemenkominfo untuk melakukan literasi kepada masyarakat tentang teknologi digital dalam rangka mendukung tercapainya target kumulatif sebesar 50 juta orang memperoleh literasi di bidang digital pada tahun 2024.

Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 menyebutkan bahwa Indonesia berada dalam kategori sedang yang dinyatakan dengan angka 3,49 dari 5,00.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas