Tribun

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Dirut PT LIB hingga Panitia Tragedi Stadion Kanjuruhan Diperiksa Besok

Polisi telah menetapkan enam orang sebagai tersangka dalam kasus tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Dirut PT LIB hingga Panitia Tragedi Stadion Kanjuruhan Diperiksa Besok
KOMPAS.com/ Nugraha Perdana
Dirut PT LIB hingga Panitia Tragedi Stadion Kanjuruhan Diperiksa Besok 

TRIBUNNEWS.COM, JATIM - Polisi telah menetapkan enam orang sebagai tersangka dalam kasus tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Terkait itu, rencananya dua tersangka yakni Direktur PT LIB hingga panitia pelaksana (panpel) akan diperiksa pada Selasa (11/10/2022).

"Dari direktur LIB juga panpel akan direncanakan diperiksa pada hari Selasa," kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dalam keterangannya, Senin (10/10/2022).

Nico menyebut sejauh ini proses pemeriksaan baik tersangka dari sipil maupun anggota Polri masih terus berjalan sesuai komitmen Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Sejauh ini, sudah ada 19 anggota Polda Jawa Timur yang diperiksa terkait pelanggaran kode etik dalam insiden yang menewaskan ratusan orang itu.

"Terkait dengan pemeriksaan sampai sekarang masih ada pemeriksaan yang berjalan, baik dari anggota Polres maupun Polda yakni Brimob," ucapnya.

Diketahui, kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, terjadi usai pertandingan Arema FC vs Persebaya, Sabtu (1/10/2022) malam. 

Insiden bermula saat beberapa suporter Arema memasuki lapangan usai pertandingan tersebut. Tak beberapa lama, ratusan Aremania memenuhi lapangan Kanjuruhan.

Kemudian, polisi tiba-tiba menembakkan gas air mata untuk membubarkan suporter yang masuk ke lapangan. 

Gas air mata itu tak hanya ditembakkan ke lapangan, tetapi juga ke arah tribun penonton yang kemudian memicu kepanikan suporter.

Korban Tewas Bertambah

Korban meninggal dunia dalam tragedi kerusuhan Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, kembali bertambah. Kini, total korban yang meninggal dunia mencapai 131 orang.

Baca juga: Respons Dirut LIB setelah Ditetapkan Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyatakan bahwa data tersebut diketahui setelah penyidik melakukan koordinasi dan validasi data bersama sejumlah rumah sakit dan dinas kesehatan setempat.

"Ya (korban meninggal dunia 131 orang. Setelah semalam dilakukan coklit bersama Kadinkes, tim DVI dan direktur RS," kata Dedi saat dikonfirmasi, Rabu (5/9/2022).

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas