Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi dan Erick Thohir Masuk Daftar 500 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

The Royal Islamic Strategic Studies Center menilai Erick Thohir memberi kontribusi dan dampak terhadap Indonesia.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Jokowi dan Erick Thohir Masuk Daftar 500 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia
Kompas.com
Jokowi dan Erick Thohir 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir masuk dalam daftar 500 tokoh muslim berpengaruh dunia.

Khusus Erick Thohir dikategorikan tokoh muslim dunia yang berpengaruh di bidang ekonomi.

The Royal Islamic Strategic Studies Center menilai Erick Thohir memberi kontribusi dan dampak terhadap Indonesia.

Kiprah Erick Thohir sebagai menteri dinilai memberi maslahat besar bagi umat.

"Erick Thohir adalah pebisnis dan politisi asal Indonesia yang kini mengabdi sebagai Menteri BUMN dan anggota International Olympic Committee (IOC, Komite Olimpiade Dunia). Dia mendirikan Mahaka Group, konglomerasi yang fokus pada olahraga dan media hiburan, cetak, radio, dan televisi," tulis The Royal Islamic Strategic Studies Center dalam laporannya, dikutip Rabu (2/11/2022).

Baca juga: Tempati Posisi 13 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia, Jokowi Disebut ‘Politisi Bersih’

Nama Erick Thohir, bertengger bersama tokoh lain seperti Sultan Hassanal Bolkiah (Brunei) dan Pangeran Al Waleed Bin Talal Al Saud (Arab Saudi).

Adapun tokoh dari Indonesia lainnya yang ikut masuk dalam muslim berpengaruh dunia adalah Habib Lutfi Bin Yahya, Yahya Staquf, Mustofa Bisri, hingga Prabowo Subianto.

BERITA TERKAIT

Sementara di bidang ekonomi, Sri Mulyani turut masuk ke dalam daftar tersebut.

Kiprah Erick Thohir sebagai pebisnis muslim dinilai banyak memberi kontribusi terhadap Islam.

Selain itu, kesuksesan Erick yang memiliki sejumlah klub sepak bola nasional dan internasional juga dipotret sebagai bagian dari pengaruhnya yang signifikan di dunia bisnis.

"Dia juga memiliki sendiri dan berpartner dalam kepemilikan sejumlah klub sepak bola dan bola basket internasional. Dia juga merupakan Presiden asosiasi bola basket Asia Tenggara (Seaba)," tulis laporan itu.

Dalam susunan daftar The World's 500 Most Influential Muslim 2023 disebutkan bahwa publikasi ini bertujuan mengukur pengaruh beberapa orang Muslim dalam komunitas atau atas nama komunitas.

Pengaruh yang dimaksud adalah setiap orang dengan kekuatan membuat perubahan yang akan berdampak signifikan terhadap dunia Muslim atau umat Islam, baik itu berupa budaya, ideologi, keuangan, politik, atau lainnya.

The World's 500 Most Influential Muslim 2023 menyatakan pengaruh tersebut bisa positif maupun negatif tergantung sudut pandang masing-masing orang.

Namun, mereka menekankan publikasinya tidak mendukung pandangan orang-orang yang dimaksud dan hanya mencoba mengukur pengaruhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas