Tribun

Bursa Capres

NasDem: Usung Anies Capres Bukan Pertimbangan Sembrono

Ahmad Ali mengatakan keputusan partainya mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024 bukan keputusan sembrono. 

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in NasDem: Usung Anies Capres Bukan Pertimbangan Sembrono
Tribunnews/JEPRIMA
NasDem: Usung Anies Capres Bukan Pertimbangan Sembrono 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai NasDem, Ahmad Ali mengatakan keputusan partainya mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024 bukan keputusan sembrono. 

Sebaliknya, kata Ali, keputusan itu merupakan pertimbangan yang sangat matang untuk mewakili keadilan masyarakat Indonesia.

"Mengusung Pak Anies menjadi capres lebih awal bukan pertimbangan yang sembrono, ini pertimbangan yang sangat matang untuk mewakili keadilan masyarakat Indonesia. Karena mengenalkan capres sebagai calon pemimpin adalah kewajiban rakyat Indonesia," kata Ali pada acara silaturahmi Anies bersama ratusan ulama di Kota Medan, Sumut, Jumat (4/11/2022).

Ia menyebut partai politik sebagai satu-satunya institusi yang diberi kewenangan oleh negara untuk mengusung capres, maka Partai NasDem menunaikan tugas itu ditunaikan lebih awal.

Ali menegaskan mendeklarasikan capres lebih awal agar masyarakat Indonesia mendapat kesempatan memberikan kritik mengenai layaknya seorang Anies menjadi presiden. 

Ali menjelaskan langkah politik itu bukan hal baru bagi Partai NasDem. Sejak 2014, partai besutan Surya Paloh itu sudah memulai tradisi dengan mengusung Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres. Padahal Jokowi pada saat itu masih menjabat gubernur. 

Ia pun menjelaskan keputusan partainya mendeklarasikan Anies sebagai capres karena dianggap mempunyai kredibilitas dan integritas. 

"Yang ingin saya sampaikan mencalonkan Anies menjadi capres bukan karena pertimbangan karena dia seorang Islam semata, tetapi karena dia punya integritas dan kredibilitas yang jelas," ujar Ali.

Menurut Ali, selain punya kapasitas mumpuni, sosok Anies merupakan salah satu deklarator Partai NasDem

Anies yang membacakan manifesto Ormas Nasional Demokrat, cikal bakal Partai NasDem yang diyakini bisa mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca juga: Survei LSN: Milenial dan Pemilih Pemula Cenderung Pilih Prabowo Ketimbang Anies atau Ganjar

Ali menuturkan pencalonan Anies sebagai capres tidak lain dan tidak bukan untuk berusaha menunaikan janji bernegara dengan melahirkan kesejahteraan dan keadilan bagi bangsa Indonesia.

"Untuk itulah, kami mencalonkan Pak Anies menjadi capres yang kami yakini Insya Allah ketika beliau diamanahkan oleh rakyat, beliau bisa melahirkan keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia," ungkap dia. 

Ali mengajak seluruh kader NasDem untuk menjadi pelopor teladan bagi masyarakat. Terlebih menjelang Pipres 2024, ada banyak kelompok yang masih berpikiran negatif terhadap Anies yang meragukan kecintaannya terhadap NKRI.

"Mari kita menjadi pelopor teladan untuk seluruh masyarakat Indonesia untuk kelompok-kelompok yang selama ini terlalu berikir negatif kepada Anies dan para pendukungnya. Di momentum ini kita sampaikan, Insya Allah Anies dan pendukungnya mencintai NKRI," terangnya. 

Lebih lanjut, ia juga berpesan agar selalu menjaga sikap demi keutuhan bangsa dan menjaga NKRI.

Kata dia, tidak ada gunanya Anies terpilih menjadi presiden jika NKRI tidak bisa dijaga.

Selain itu, ia meminta semua pihak merapatkan barisan. Sebab, menghadapi pemilu 2024, banyak kelompok-kelompok intoleran yang mencoba-coba merubah NKRI. 

"Itu musuh kita bersama. Tentunya ini tidak bisa dijawab dengan narasi, ini bisa dijawab dengan kerja, kerja, kerja," imbuh Ali.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas