Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Luhut: Dunia Dilanda Perfect Storm, KTT G20 Diharapkan Menghasilkan Solusi

Konflik yang terjadi sekarang ini mempengaruhi harga-harga komoditas, ditambah kemungkinan terjadinya resesi dan kemunduran menuju deglobalisasi

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Luhut: Dunia Dilanda Perfect Storm, KTT G20 Diharapkan Menghasilkan Solusi
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan keterangan pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (9/6/2022). Luhut mengatakan dunia saat ini sedang dilanda perfect storm atau badai yang sempurna 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan dunia saat ini sedang dilanda perfect storm atau badai yang sempurna.

Hampir semua negara berada dalam kondisi yang tidak baik, termasuk negara negara maju dan superpower.

“Terlebih negara berkembang yang sangat terdampak akibat gejolak perang dan perselisihan antarnegara yang tidak pernah kita tahu kapan selesainya,” kata Luhut dalam instagram resminya dikutip Minggu, (6/11/2022).

Konflik yang terjadi sekarang ini kata dia, telah mempengaruhi harga-harga komoditas, ditambah kemungkinan terjadinya resesi dan kemunduran menuju deglobalisasi.

“Belum lagi krisis kesehatan yang masih menghantui kita semua yang dapat memperparah kondisi dunia dalam beberapa waktu ke depan,” katanya.

Di tengah ketidakpastian yang dialami seluruh negara tersebut, kata Luhut, Indonesia mendapatkan kehormatan sekaligus kesempatan menyelenggarakan KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Baca juga: Luhut Binsar Pandjaitan Luncurkan Buku Biografi: Hidup Penuh Misteri

BERITA REKOMENDASI

Ia mengatakan dalam sepuluh hari ke depan, negara-negara dengan perekonomian besar di dunia akan duduk bersama, berdialog dan berdiskusi sambil menekankan pentingnya kerja sama demi mencapai pemulihan dunia yang inklusif dan saling berkolaborasi di antara sesama anggotanya.

“Yang diharapkan menghasilkan solusi atas permasalahan dunia saat ini,” tuturnya.

KTT tersebut akan dihadiri oleh 19 negara anggota dan satu organisasi regional Uni Eropa yang tergabung dalam G20.

Negara negara tersebut merepresentasikan 65 persen penduduk dunia, 79 persen perdagangan global, dan 85 persen perekonomian dunia.

“Kami juga mengundang negara-negara sahabat di kawasan Afrika dan negara kepulauan lainnya,” pungkasnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas