Tribun

Zulkifli Hasan Bicara Kesetaraan Gender dalam Parpol di Rakernas PUAN

Ketua Umum Puan Intan Fauzi mengatakan program prioritas Puan adalah memenangkan PAN dalam ajang pemilihan presiden 2024.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Zulkifli Hasan Bicara Kesetaraan Gender dalam Parpol di Rakernas PUAN
Ist
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di DPP PAN yang berlokasi di Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu 9 November 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perempuan Amanat Nasional (Puan) yang merupakan organisasi otonom Partai Amanat Nasional (PAN) melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di DPP PAN yang berlokasi di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Rabu (9/11/2022).

Acara Rakernas Puan tersebut turut hadir, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Sekjen PAN Eddy Soeparmo, Ketum Puan Intan Fauzi dan Waketum Puan Putri Zulkifli Hasan. Turut hadir juga Menteri BUMN Erick Tohir.

Dalam sambutannya, Zulhas mengatakan berdasarkan Undang-undang Parpol di Indonesia, sebuah partai politik harus berisi minimal 30 persen perempuan.

“Sesuai aturan UU dalam Parpol di bidang apapun minimal 30 persen tapi kami di PAN, tidak 30 persen, sekarang PAN sebagai partai yang dilahirkan di era reformasi, kesetaraan gender jadi gak ada bedalah kita sama saja mau dia caleg, mau pengurus partai mau eksekutif sama aja jadi 30 persen itu otomatis,” kata Zulhas.

Sementara itu, Ketua Umum Puan Intan Fauzi mengatakan program prioritas Puan adalah memenangkan PAN dalam ajang pemilihan presiden 2024.

Baca juga: Zulhas Tabur Bunga & Doakan Para Korban Kerusuhan Kanjuruhan: Semoga Tragedi Ini Tidak Terulang Lagi

“Prioritas tentunya kami sebagai badan Puan PAN memenangkan PAN di Pileg 2024, bagaimana cara memenangkannya adalah tentu target untuk mencapai 64 kursi insya Allah perempuannya tidak kurang dari 30 persen," kata Intan.

Puan, kata Intan, kini memiliki dua orang kepala daerah yang wanita, dan juga beberapa pejabat penting lainnya yang juga dari Kader Puan.

“Kemudian kami juga saat ini memiliki dua kepala daerah perempuan dua pimpinan dewan perempuan DPRD kota kabupaten,” ujarnya.

Intan mengatakan, Ketua Umum PAN telah memberikan ruang untuk para wanita yang ingin bergabung dengan PAN, maupun Puan.

“Ketum PAN memberikan ruang yang sangat luas di PAN sehingga banyak perempuan perempuan ini bergabung baik di Puan maupun di Kader PAN yang tentunnya 2024 akan mencalonkn diri di seluruh tingkat kabupaten, kota, provinsi dan RI," ujarnya.

Lebih lanjut, Intan mengatakan Puan saat ini mendukung Ketum PAN untuk maju dan menangkan Pilres 2024.

“Jadi kami saat ini melihat yang terbaik adalah Ketum kami kalau berbicara siapa capresnya," pungkas Intan.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas