Tribun

G20 di Indonesia

Alasan Vladimir Putin Tak Hadiri KTT G20 di Bali dan Kirim Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov

Alasan Presiden Rusia Vladimir Putin tak datang ke KTT G20 di Bali dan mengirim Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavlov sebagai perwakilannya.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Daryono
zoom-in Alasan Vladimir Putin Tak Hadiri KTT G20 di Bali dan Kirim Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov
DW.com
Presiden Rusia Vladimir Putin hadir dalam St Petersburg International Economic Forum (SPIEF) pada Jumat (17/6/2022). Berikut ini alasan Putin tak hadir di KTT G20 di Bali, Indonesia pada 15-16 November 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) para pemimpin dari negara Group of Twenty (G20) di Bali, Indonesia pada 15-16 November 2022.

Putin kemungkinan akan hadir di KTT G20 secara virtual.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov akan mewakili Putin di acara KTT G20 di Bali.

Alasan Putin tidak hadir di KTT G20 adalah adanya jadwal yang sibuk sebagai Presiden Rusia dan agenda internal yang lebih penting, sehingga ia hanya dapat berpartisipasi secara virtual, menurut laporan wawancara AFP dengan Kepala Protokol Kedutaan Besar Rusia Yulia Tomskaya yang dikutip Politico.

Pada Rabu (9/11/2022), juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan mereka sedang membahas berbagai format partisipasi Rusia dalam KTT G20 dan keputusan akan dibuat dalam beberapa hari mendatang, dikutip dari mk.ru.

Baca juga: Kedutaan Rusia Umumkan Vladimir Putin Tak Ikut Langsung Pertemuan KTT G20, Hadir Secara Virtual?

Rusia akan mengirim Menlu Sergei Lavlov untuk mewakili Putin di KTT G20.

Menlu Rusia Sergei Lavlov sebelumnya telah menghadiri konferensi Menteri Luar Negeri G20 di Bali pada Juli 2022 lalu.

Namun, saat Sergei Lavrov berpidato, diplomat dari negara-negara Barat meninggalkan aula sebagai protes terhadap serangan Rusia ke Ukraina, dikutip dari mk.ru.

Indonesia tetap Undang Putin dan Zelensky

Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat tinggal kepada Presiden Azeri setelah pertemuan Presiden Rusia dengan para pemimpin Armenia dan Azerbaijan di kota resor Laut Hitam Sochi pada 31 Oktober 2022.
Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat tinggal kepada Presiden Azeri setelah pertemuan Presiden Rusia dengan para pemimpin Armenia dan Azerbaijan di kota resor Laut Hitam Sochi pada 31 Oktober 2022. (Sergei BOBYLYOV / SPUTNIK / AFP)

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah mengundang Putin ke KTT G20 yang dijadwalkan pada 15-16 November di Bali.

“Ada kemungkinan besar bahwa Presiden Putin tidak akan datang, tetapi itu tidak berarti Rusia tidak akan hadir. Pasti hadir, tapi mungkin bukan presiden,” kata Siti Ruhaini Dzuhayatin, pejabat di kantor Presiden Indonesia.

Partisipasi Putin dalam KTT G20 telah diperdebatkan setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Beberapa negara telah mengindikasikan mereka mungkin tidak berpartisipasi jika Putin hadir secara langsung.

Presiden Jokowi mengatakan 17 pemimpin di KTT G20 telah mengonfirmasi partisipasi mereka, Selasa (8/11/2022), dikutip dari South China Morning Post.

Baca juga: Vladimir Putin Absen di KTT G20, Kirim Menlu Sergei Lavrov ke Bali

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas