Tribun

Pilpres 2024

Politikus PPP Paparkan Kriteria Capres KIB

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) hingga kini belum mengumumkan calon presiden dan calon wakil presiden yang mereka usung di Pilpres 2024.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Willem Jonata
zoom-in Politikus PPP Paparkan Kriteria Capres KIB
Istimewa
Ahmad Baidowi, Ketua DPP PPP. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ahmad Baidowi mengungkapkan sejumlah kriteria calon yang akan diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Sebenarnya kriteria umum yang dimiliki KIB, pertama adalah integritas. Kedua, memiliki kapabilitas atau kemampuan,” kata Awiek, sapaan akrab Baidowi, kepada wartawan, Rabu (16/11/2022). 

Kemudian syarat ketiga adalah, memiliki komitmen keumatan atau kerakyatan.

“Karena itu nanti kebijakan yang dihasilkan tentu pro rakyat,” kata Awiek. 

Baca juga: Pengamat Politik Prediksi Jika PDIP Gabung KIB, Akan Usung Ganjar-Airlangga

KIB sendiri telah memiliki visi dan misi Program Akselerasi Transformasi Ekonomi Nasional (PATEN). Gagasan ini muncul lebih awal sebelum KIB mengumumkan siapa Calon Presiden mereka. 

“Selanjutnya adalah pengalaman, pengalaman memimpin, tentu bukan pengalaman sebagai Presiden. Pengalaman memimpin bisa partai, berorganisasi, birokrasi, kepala daerah, pemerintahan atau menteri,“ ucap Awiek. 

Tidak bisa dipungkiri, tingkat elektabilitas calon juga sangat penting. Untuk itu, pembicaraan demi pembicaraan di KIB masih terus dilakukan. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, telah dibentuk tim kecil di KIB.

"Kita masih terus ada pertemuan kecil dan terbatas, ada semacam tim kecil yang membahas soal apa saja yang akan dilakukan atau agenda yang bakal dilakukan KIB dalam waktu ke depan," ujarnya. 

Doli menambahkan, mengenai kapan akan diumumkan, sesuai arahan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, ada waktunya. 

"Ini kan masih dinamis perkembangan terus akan didiskusikan. Seperti yang sudah disampaikan tiga ketum termasuk Pak Airlangga, ada momentum nya nanti akan disampaikan," tandas Doli.
 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas