Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketika Menlu Retno Marsudi Betulkan Pin KTT G20 PM Inggris dan PM Kanada yang Dipakai Terbalik

Retno Marsudi membenarkan posisi pin KTT G20 Bali yang dipasang terbalik Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Ketika Menlu Retno Marsudi Betulkan Pin KTT G20 PM Inggris dan PM Kanada yang Dipakai Terbalik
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membenarkan posisi pin KTT G20 Bali yang dipasang terbalik Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengunggah video di akun Instagram pribadinya @retno_marsudi, yang memperlihatkan kegiatan selama hari pertama dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) di Bali, Jumat (18/11/2022).

Namun ada hal menarik dari salah satu penggalan video tersebut.

Dalam video Retno Marsudi terlihat membenarkan posisi pin logo Presidensi G20 Indonesia dari jas para pemimpin negara yang sebelumnya salah arah.

Para delegasi menggunakan pin logo Presidensi G20 tersebut dengan bagian segitiga mengarah ke bawah.

Padahal posisi logo yang punya makna pewayangan tersebut semestinya menghadap ke atas.

Baca juga: Ketika PM Kanada Justin Trudeau Pakai Pin KTT G20 dengan Posisi Terbalik

Para pemimpin negara yang posisi pin logo Presidensi G20-nya dibenarkan Retno Marsudi, di antaranya Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau yang terlihat mengenakan pin dengan posisi bagian runcing berada di bawah atau terbali, saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) jelang dimulainya KTT G20 di Nusa Dua Bali, Selasa (15/11/2022).
Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau yang terlihat mengenakan pin dengan posisi bagian runcing berada di bawah atau terbali, saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) jelang dimulainya KTT G20 di Nusa Dua Bali, Selasa (15/11/2022). (Capture Youtube channel Sekretariat Presiden)
BERITA REKOMENDASI

Dalam video terlihat Menlu Retno Marsudi membetulkan pin itu, kemudian mengarahkan para tamu negara tersebut masuk ke ruang KTT G20.

Diketahui sebelumnya sejumlah delegasi dan pemimpin negara memang kedapatan terbalik memasang pin logo presidensi G20 Indonesia.

Baca juga: Kakorlantas Sebut Kerja Sama TNI-Polri Kunci Keberhasilan Pengamanan Pengawalan Delegasi KTT G20

Hal ini terlihat dari foto-foto para delegasi saat berjalan di atas karpet merah untuk menghadiri acara pembukaan KTT G20 di The Apurva Kempinski Bali, Selasa (15/11) siang.

Mereka yang terlihat mengenakan pin terbalik diantaranya Presiden Persatuan Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, hingga Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

Kejadian pin terbalik ini sempat disoroti warganet di media sosial Twitter. Sejumlah netizen mempertanyakan peristiwa pin kebalik di acara kelas dunia seperti ini.

Selain itu ada pula netizen yang mengatakan bahwa logo presidensi G20 sudah tersebar sejak lama.

Namun ia heran mengapa para pemimpin negara justru terbalik saat mengenakan pin logo tersebut.

"Sekelas VVIP gini masa ga ada yang ngasih tau sih," cuit akun @agarynt, Selasa (15/11/2022).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas