Tribun

Respons Pernyataan Jokowi Soal Pemimpin Berambut Putih, Viva Yoga: Kalau di PAN Ada Zulkifli Hasan

Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi merespons pernyataan Presiden Jokowi soal ciri-ciri pemimpin yang benar-benar memikirkan masyarakat.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Respons Pernyataan Jokowi Soal Pemimpin Berambut Putih, Viva Yoga: Kalau di PAN Ada Zulkifli Hasan
Endrapta Pramudhiaz
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meninjau Pasar Induk Beras Cipinang, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Senin (7/11/2022). Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi merespons pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal ciri-ciri pemimpin yang benar-benar memikirkan masyarakat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi merespons pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal ciri-ciri pemimpin yang benar-benar memikirkan masyarakat.

Menurut presiden, pemimpin yang benar-benar memikirkan rakyat dapat dilihat dari ciri-ciri fisiknya, misalnya berambut putih dan banyak kerutan.

Viva menilai pernyataan itu sebagai perumpamaan bahwa betapa berat tugas dan tanggungjawab menjadi seorang pemimpin.

"Berpikir dan serius bekerja tanpa lelah tentu akan berpengaruh terhadap fisik. Muka cepat berkerut."

"Rambut cepat memutih. Fisiknya seakan lebih tua dari usianya," kata Viva kepada Tribunnews, Minggu (27/11/2022).

Baca juga: Respons PKS soal Jokowi Singgung Pemimpin Rambut Putih: Bukan dari Fisik tapi Rekam Jejaknya

Viva melanjutkan bahwa memimpin negara dan bangsa Indonesia yang luas dan majemuk dengan segala problematikanya adalah tidak mudah. 

Dibutuhkan pemimpin yang serius, bertalenta, berintegritas, mencintai bangsa dan tanah air, dan menyintai rakyatnya.

"Kalau di PAN, ada beberapa tokoh yang berambut putih, ada bang Zulkifli Hasan, bang Hatta Rajasa dan Mas Hilal Hamdi," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam acara Silaturahmi Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu, (26/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut Presiden menyampaikan Pidato di depan puluhan ribu relawannya yang membanjiri GBK.

Presiden Joko Widodo menghadiri acara Gerakan Nusantara Bersatu Satu Komando Untuk Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (26/11/2022). Gerakan Nusantara Bersatu dari berbagai elemen relawan Jokowi itu untuk menyelaraskan persepsi barisan satu komando di bawah arahan Presiden Joko Widodo. Tribunnews/Jeprima
Presiden Joko Widodo menghadiri acara Gerakan Nusantara Bersatu Satu Komando Untuk Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (26/11/2022). Gerakan Nusantara Bersatu dari berbagai elemen relawan Jokowi itu untuk menyelaraskan persepsi barisan satu komando di bawah arahan Presiden Joko Widodo. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Presiden mengingatkan agar para relawannya hati-hati dalam memili calon pemimpin.

Presiden meminta relawannya memilih calon pemimpin yang mengerti keinginan rakyat.

“Hati-hati, saya titip hati-hati, memilih pemimpin hati-hati pilih pemimpin yang ngerti, yang ngerti apa yang dirasakan oleh rakyat, pilih nanti di 2024 pilih yang pemimpin yang ngerti tentang apa yang dirasakan oleh rakyat, setuju?"

"Juga pilih pemimpin yang tahu, yang tahu apa yang diinginkan oleh rakyat, apa yang dibutuhkan oleh rakyat,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan pemimpin yang mikirin rakyat terlihat dari ciri fisiknya. Diantaranya yakni banyak kerutan di wajah. Selain itu juga ada yang rambutnya putih semua.

“Perlu saya sampaikan pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya itu kelihatan, dari penampilannya itu kelihatan, banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat, ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada,” katanya.

Presiden mengingatkan relawannya untuk hati hati memilih calon pemimpin, terutama yang wajahnya bersih tanpa kerutan.

“Kalau wajahnya cling bersih, tidak ada keritan di wajahnya hati hati, lihat juga lihat rambut rambutnya, kalau rambutnya putih semua ini mikir rakyat ini,” pungkasnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas