Tribun

Tutup Pospenas 2022, Wamenag: Santri Harus Siap Hadapi Tantangan Zaman

Pospenas ke-IX Tahun 2022 resmi ditutup oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, di Benteng Vasternburg, Surakarta, Sabtu malam (26/11/2022).

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Tutup Pospenas 2022, Wamenag: Santri Harus Siap Hadapi Tantangan Zaman
dok. Kemenag RI
Pekan Olahraga dan Seni Antarpondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) ke IX Tahun 2022 resmi ditutup oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, di Benteng Vasternburg, Surakarta, Sabtu malam (26/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pekan Olahraga dan Seni Antarpondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) ke-IX Tahun 2022 resmi ditutup oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, di Benteng Vasternburg, Surakarta, Sabtu malam (26/11/2022).

Selain 4 ribu santri, turut hadir dalam acara penutupan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Waryono Abdul Ghafur, dan Anggota Komisi III  DPR RI Eva Yuliana.

Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi menyampaikan ucapan selamat kepada para santri yang berlaga pada bidang seni dan olahraga di acara Pospenas 2022.

"Selamat dan sukses untuk semua atlet yang berkontribusi di seluruh mata lomba. Dari ajang seperti inilah akan lahir atlet-atlet nasional dari santri-santri yang mencintai olah raga dan seni," kata Zainut Tauhid.

Ia mengatakan perhelatan Pospenas 2022 merupakan bagian dari afirmasi Kementerian Agama dalam membina potensi olah raga dan seni para santri.

Baca juga: Menteri Agama Resmi Buka Pospenas ke-IX 2022 di Stadion Manahan Solo

Menurutnya zaman yang terus berkembang dan berubah jadi tantangan tersendiri bagi para santri.

Namun kemampuan para santri dalam Pospenas menunjukkan identitas mereka yang berkarakter.

"Ini salah satu bukti, kiprah santri telah mengglobal dan menjangkau berbagai bidang," katanya.

Senada, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan ajang ini membuktikan bahwa para santri bukan hanya pandai mengaji, tapi juga berprestasi dalam olahraga dan bidang lainnya.

Ganjar pun berharap lewat ajang ini ada santri yang mampu menembus ajang lebih besar seperti PON, Asian Games hingga Olimpiade.

Baca juga: Kirab Obor Pospenas 2022 Dilepas Menuju Surakarta, Rencana Diterima Wali Kota Solo Gibran Rakabuming

"Mudah-mudahan dari ajang ini ada atlet yang keluar dari kandang, menuju PON, Asian Games, Sea Games, sampai Olimpaide. Itulah yang kita harapkan,” ungkap Ganjar.

Sebagai informasi Pospenas IX Tahun 2022, digelar di beberapa venue di Kota Surakarta pada 23-27 November 2022.

Acara ini mengambil tema ‘Gerak Santri, Bangkit Negeri’ dikaitkan dengan semangat Hari Santri.

Pospenas 2022 diikuti oleh 2.867 santri dari 34 provinsi yang memperebutkan 312 tropi dari 12 cabang olah raga dan seni yang dipertandingkan.

Provinsi Jawa Barat keluar sebagai juara umum dengan mengoleksi 11 medali emas, 5 perak, dan 1 perunggu.

Tuan rumah Jawa Tengah menjadi runner up dengan 8 medali emas, 4 perak, dan 5 perunggu.

Sementara posisi ketiga hingga kelima diduduki Jawa Timur (4 emas, 8 perak, 5 perunggu), DKI Jakarta (4 emas, 4 perak, dan 1 perunggu) serta Sulawesi Selatan (2 emas dan 4 perunggu).

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas