Tribun

Gempa Berpusat di Cianjur

Bantu Korban Gempa Cianjur, Satgas P2MI Projo Kirim Bantuan dan Terjunkan Tim Ke Pelosok

Satgas P2MI Projo ke Cianjur untuk memastikan kondisi masyarakat, serta mendata keperluan yang dibutuhkan korban gempa.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Bantu Korban Gempa Cianjur, Satgas P2MI Projo Kirim Bantuan dan Terjunkan Tim Ke Pelosok
Istimewa
Ketua Satgas P2MI Projo Sinnal Blegur saat meninjau posko pengungsi Gempa Cianjur. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi mendukung kinerja Satgas P2MI Projo ke Cianjur untuk memastikan kondisi masyarakat, serta mendata keperluan yang dibutuhkan warga Cianjur yang terdampak gempa.

Karena, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan gempa dengan magnitudo 5,6 pada Senin lalu itu menyebabkan 62 ribu jiwa mengungsi.

Jumlah kasus infeksi saluran pernapasan akut, diare, dan penyakit kulit dilaporkan meningkat.

Anak-anak menjadi kelompok yang paling rentan.

Ketua Satgas P2MI Projo Sinnal Blegur mengatakan, Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi meminta Satgas P2MI Projo turun langsung dan membantu masyarakat Cianjur.

Baca juga: Ketua Majelis Syuro PKS Datangi Korban Gempa Cianjur, Beri Bantuan dari Potongan Gaji Anggota Fraksi

Khususnya yang berada di pelosok atau daerah yang aksesnya sulit mendapat bantuan dari pemerintah.

Satgas P2MI Projo, kata Sinnal, telah menyalurkan bantuan kepada warga Cianjur sejak hari Sabtu dan Minggu kemarin.

“Tim pertama (Sabtu 26/11) dikomandoi oleh Wakil Sekretaris Satgas P2MI Projo Martin Purba didampingi Wakil Ketua Juwahir. Dan tim kedua (Minggu 27/11) dipimpin oleh Bendahara Satgas P2MI Projo Anggi Muhammad Nur didampingi Penasehat Satgas P2MI Projo Yudi Panca Nugroho,” kata Sinnal, Senin (28/11/2022).

Tim pertama menyalurkan bantuan berupa 300 an paket sembako, pampers, obat-obatan, vitamin, air mineral, telor dan palet serta terpal untuk alas warga yang tidur di tenda penampungan.

Baca juga: Bantu Korban Gempa Cianjur, Andi Gani Terjunkan Tim Brigade KSPSI & Salurkan Bantuan Ke Pengungsi  

Selain itu, tim pertama juga mendata secara rinci yang sangat dibutuhkan warga. Sehingga keperluan tersebut dapat disiapkan oleh tim kedua yang akan memberikan bantuan selanjutnya.

Tim ke dua memberikan bantuan beras, susu bayi, susu anak-anak 4 tahun ke atas, pampers, pembalut, wafer, biskuit, minyak angin, GPU, vitamin, paracetamol, minyak telon, sabun mandi, shampo, odol, beras, mie, Vitamin C, obat diare, obat maag, chiki, tolak angin, Terpal dan lain-lain.

“Satgas P2MI Projo memberikan bantuan di desa Limbangan Sari dan Kampung Cikaret Girang kabupaten Cianjur yang masih sangat minim menerima bantuan dari pemerintah karena aksesnya agak sulit,” terangnya.

Baca juga: Curhat Pengungsi Korban Gempa Cianjur Satu Minggu Tidur di Tenda: Bocor Kala Hujan hingga Kedinginan

Sinnal menjelaskan, bantuan kepada masyarakat Cianjur yang terdampak gempa dilakukan dengan membuka rekening solidaritas untuk korban gempa Cianjur.

"Kami juga mendapat bantuan barang, sembako dan makanan siap saji dari masyarakat yang peduli terhadap korban Cianjur, salah satunya dari Tobalung Kuliner serta Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI)," jelasnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas