Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bupati Cianjur Ajak Warga yang Rumahnya Rusak Ringan Kembali ke Rumah

Bupati Cianjur Herman Suherman segera menindaklanjuti surat BMKG yang mengimbau warga untuk pulang ke rumah yang tidak mengalami kerusakan struktur.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Bupati Cianjur Ajak Warga yang Rumahnya Rusak Ringan Kembali ke Rumah
Tribunnews.com/ Rina Ayu
Bupati Cianjur Herman Suherman dalam konferensi pers secara daring dari Cianjur, Senin (28/11/2022). Ia menyebut pihaknya segera menindaklanjuti surat BMKG yang mengimbau warga untuk pulang ke rumah yang tidak mengalami kerusakan struktur. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bupati Cianjur Herman Suherman segera menindaklanjuti surat BMKG yang mengimbau warga untuk pulang ke rumah yang tidak mengalami kerusakan struktur.

"Kiranya mulai besok masyarakat sudah bisa kembali ke rumah yang rumahnya masih utuh dengan catatan tidak ada retak tetap," ujar Herman dalam konferensi pers secara daring dari Cianjur, Senin (28/11/2022).

Pihaknya akan segera menindaklanjuti surat dari BMKG tersebut kepada para camat, para kepala desa untuk diteruskan kepada para RT, RW, maupun dusun.

Sebelumnya, BMKG merilis surat imbauan terkait aktivitas gempa susulan yang makin berkurang sehingga masyarakat dapat kembali ke rumah yang tidak rusak strukturnya.

Baca juga: Curhat Pengungsi Korban Gempa Cianjur Satu Minggu Tidur di Tenda: Bocor Kala Hujan hingga Kedinginan

Berdasarkan pemantauan selamat 7 hari terakhir menunjukkan bahwa aktivitas gempa bumi susulan magnitudo secara subjektif semakin mengecil dan frekuensinya kejadiannya semakin jarang.

"Dengan mempertimbangkan kondisi tersebut maka masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing dengan catatan kondisi bangunan rumahnya tidak mengalami kerusakan struktur," tulis keterangan BMKG.

Baca juga: Kisah Wanita Berumur 106 Tahun Selamat dari Gempa Cianjur

BERITA TERKAIT

Dianjurkan warga yang kembali ke rumah untuk menata perabotan rumah sedemikian rupa agar jalur evakuasi keluar menjadi lapang dan tidak terhalang benda apapun jika terjadi gempa susulan.

Aktivitas ekonomi agar bisa kembali dibuka dan dimulai agar sendi-sendi kehidupan masyarakat bisa pulih.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas