Tribun

Dilantik Lagi, Halomoan Sianturi Bertekad Tingkatkan Kompetensi dan Integritas Advokat

Setelah terpilih kembali beberapa waktu lalu. Halomoan Sianturi pun bertekad untuk meningkatkan kompetensi dan integritas advokat.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Dilantik Lagi, Halomoan Sianturi Bertekad Tingkatkan Kompetensi dan Integritas Advokat
Ist
Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Jakarta Selatan Periode 2022-2026. (Foto: Ist) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Untuk kedua kalinya, Halomoan Sianturi SH MH dilantik sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Jakarta Selatan, Jumat (25/11/2022).

Setelah terpilih kembali beberapa waktu lalu. Halomoan Sianturi pun bertekad untuk meningkatkan kompetensi dan integritas advokat.

"Sesuai tema acara ini, kami akan meningkatkan kompetensi dan integritas advokat dalam menegakkan supremasi hukum," ungkap Halomoan Sianturi dalam rilisnya, Senin (28/11/2022).

Pelantikan Pengurus DPC Peradi Jalsel periode 2022-2026 ini dilakukan di kawasan elite Mega Kuningan, Jaksel, oleh Ketua Umum Peradi Dr Luhut MP Pangaribuan SH LLM, dihadiri oleh unsur Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi lengkap seperti Sekretaris Jenderal Imam Hidayat, Bendahara Umum Esterina D Ruru, Wakil Ketua Umum Ifdhal Kasim (mantan Ketua Komnas HAM, kini Penasihat Ahli Kapolri), Wakil Sekretaris Daud Berueh, serta Ketua dan Sekretaris Bidang Organisasi dan Keanggotaan, yakni Swardi Aritonang dan Kartika Nirmala Dewi.

Selain Halomoan, mereka yang dilantik antara lain Sekretaris dan Bendahara DPC Peradi Jaksel, yakni Francine Eustacia VW dan Wisnugroho Agung Wibowo.

"Ini pelantikan yang hebat dan tidak main-main, karena dilakukan langsung oleh Ketua Umum Peradi dihadiri unsur DPN lengkap," cetus Halomoan dengan bangga.

Halomoan Sianturi (kanan) dilantik Jadi Ketua DPC Peradi Jakarta Selatan Periode 2022-2026. (Foto: Ist).
Halomoan Sianturi (kanan) dilantik Jadi Ketua DPC Peradi Jakarta Selatan Periode 2022-2026. (Foto: Ist). (ist)

Halomoan juga bangga karena Peradi di bawah kepemimpinan Luhut Pangaribuan inilah yang diakui dan mendapatkan legalitas dari pemerintah melalui Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM No AHU 0000883.AH.01.08 Tahun 2022.

"Hal ini merupakan 'sesuatu' tentunya, meskipun saat ini gugatan di PTUN Jakarta masih berjalan. Nah, tinggal kita mau bagaimana menyikapi dan memanfaatkan 'sesuatu' dimaksud.  Mari kita hadapi secara bersama tantangan dan rintangan yang menghalangi kita untuk mewujudkan organisasi advokat yang menjadi Rumah Bersama Advokat dalam komando Ketua Umum kita Dr Luhut MP Pangaribuan," tukas Halomoan. 

Baca juga: Diikuti 222 Peserta, Pendidikan Khusus Profesi Avdokat Peradi Pecahkan Rekor

Dengan tegas, Halomoan menyerukan kepada seluruh jajaran pengurus  DPC Peradi Jaksel untuk bersepakat bekerja keras bersama-sama dengan bimbingan dari Dewan Penasihat, Dewan Pakar, dan Dewan Pimpinan Nasional untuk terus mewujudkan kemanfaatan bagi para anggota dan pengurus serta masyarakat pada umumnya, serta  meningkatkan kompetensi dan integritas advokat dalam menegakkan supremasi hukum.

Halomoan juga bangga karena DPC Peradi Jaksel dari sisi jumlah anggota merupakan DPC yang terbesar di antara DPC-DPC lain di seluruh Indonesia.

"Perlu pula kami sampaikan, sebagai profesi yang terhormat, seorang advokat tentunya harus juga mengikuti  perkembangan ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi karena  tantangan dalam memberikan jasa di bidang hukum semakin kompleks dan menuntut inovasi. Apalagi jika perkembangan ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi tersebut berada pada ranah pekerjaan advokat," paparnya. 

Halomoan juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya sesama advokat yang hadir, seperti para Ketua DPC Peradi se-DKI Jakarta, Ketua DPC Peradi Kabupaten Bogor, Ketua DPC Peradi Kota Bogor, Ketua DPC Peradi Bekasi, Ketua DPC Peradi Medan, serta undangan lainnya seperti Firdaus selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Jaksel, dan Kodim 0504 Jaksel yang diwakili Zul Rambe selaku Perwira Seksi Intelijen, serta Polres Jaksel yang diwakili Iptu Bowo Sutrisno selaku Kasubsi Bantuan Hukum.

Dengan suara yang lantang dan tegas, Halomoan di hadapan DPN dan 55 Pengurus DPC menyampaikan salam DPC Peradi Jaksel yang disambut dengan gegap gempita, "hebat, hebat, hebat!"

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas