Tribun

Cicil Iuran JKN, Ayya Terbantu Program REHAB

Program REHAB adalah program yang memberikan keringanan untuk pembayaran tunggakan melalui mekanisme cicilan

Editor: Content Writer
zoom-in Cicil Iuran JKN, Ayya Terbantu Program REHAB
Istimewa
Siti Rokayyah memanfaatkan program REHAB untuk memberikan keringanan pembayaran tunggakan 

TRIBUNNEWS.COM, Sampang – Siti Rokayyah (31), wanita asal Camplong Sampang ini telah memanfaatkan program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB). Program REHAB adalah program yang memberikan keringanan untuk pembayaran tunggakan melalui mekanisme cicilan sehingga peserta BPJS Kesehatan memiliki kesempatan untuk dapat segera mengaktifkan kepesertaannya.

Ayya, demikian panggilan akrabnya telah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Ayya tertarik dengan Program REHAB karena dapat membantunya melunasi iuran JKN yang menunggak.

“Jadi begini, saya itu kan memiliki tunggakan iuran. Karena belum punya cukup uang, saya mengikuti Program REHAB agar dapat mencicil pembayaran iuran,” kata Ayya.

Ayya melakukan pendaftaran Program REHAB melalui Aplikasi Mobile JKN. Sebelumnya, dia telah mengunduh aplikasi tersebut dan telah lama memanfaatkannya, sehingga tidak sulit bagi Ayya untuk melakukan proses pendaftaran Program REHAB.

“Saya melakukan pendaftaran Program REHAB melalui Aplikasi Mobile JKN. Proses pendaftarannya sangat mudah, hanya tinggal memilih menu Program REHAB, kemudian setelah menyetujui syarat dan ketentuan serta hasil simulasi program, maka tagihan iuran yang akan dibayar otomatis berubah sesuai dengan besaran simulasi,” imbuh Ayya.

Ayya menceritakan bahwa dirinya memiliki tunggakan selama 2 tahun. Ayya merasa cukup berat jika harus melakukan pelunasan pembayaran tunggakan dalam satu waktu. Dengan adanya Program REHAB ini, Ayya berkomitmen untuk melunasi tagihan iuran tersebut selama 10 bulan.

“Saya memiliki tunggakan selama 2 tahun. Dengan mengikuti Program REHAB, saya mendapat keringanan untuk mencicil tunggakan tersebut dalam waktu 10 bulan. Jika nantinya saya memiliki dana untuk pelunasan tagihan, maka saya akan segera melakukan pelunasan,” ujar Ayya.

Ayya merasa sangat terbantu dengan program ini sebab masalah tunggakan iuran dapat teratasi dengan mudah. Selanjutnya, Ayya akan mengupayakan rutin mengecek iuran melalui Aplikasi Mobile JKN setiap bulan sehingga tidak lagi terjadi keterlambatan penunggakan.

“Alhamdulilah, program ini sangat memudahkan saya untuk melunasi tunggakan. Saya kan bisa mengecek iuran melalui Aplikasi Mobile JKN agar tidak sampai terlambat bayar. Jadi setelah tunggakan ini lunas, mudah-mudahan saya dapat rutin membayar iuran tanpa harus menunggak,” tutup Ayya. (*)

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas