Tribun

Kepala BSN: Penerapan SNI Dorong Peningkatan Mutu

epala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Kukuh S Achmad menilai penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) dapat meningkatkan kualitas produk.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Kepala BSN: Penerapan SNI Dorong Peningkatan Mutu
Tribunnews.com/Istimewa
Penganugerahan SNI Award tahun 2022 di Jakarta, Rabu (30/1/2022). Dalam kesempatan ini, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Kukuh S Achmad menilai penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) dapat meningkatkan kualitas produk. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S Achmad menilai penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) dapat meningkatkan kualitas produk.

Dirinya mendorong semakin banyak perusahaan dan organisasi menerapkan secara melalui penganugerahan SNI Award.

"BSN sangat berkepentingan untuk mendorong perusahaan dan organisasi untuk menerapkan SNI. Pasalnya, tantangan bagi perusahaan dan organisasi ke depan, semakin tinggi. Peningkatan kualitas produk melalui SNI, menurutnya, sudah menjadi keniscayaan," kata Kepala BSN, Kukuh S. Achmad melalui keterangan tertulis, Rabu (30/11/2022).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kukuh dalam Penganugerahan SNI Award tahun 2022 di Jakarta.

Kukuh berharap penerapan SNI dapat meningkatkan nilai tambah produk di pasar dan kepercayaan masyarakat.

Baca juga: Sambut Investor Masuk, Kemenperin Siapkan SNI Produk Rokok Elektrik

“Ini membuktikan bahwa menerapkan SNI sesungguhnya dapat dilakukan oleh siapapun termasuk perusahaan dan organisasi berskala kecil," kata Kukuh.

SNI Award diperoleh setelah lolos seleksi yang dilakukan secara ketat dan dinilai oleh Dewan Juri yang terdiri dari 18 Dewan Juri.

Dewan juri diketuai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia), M. Arsjad Rasjid P.M; Direktur Eksekutif PPM Manajemen, Bramantyo Djohanputro sebagai Wakil Ketua Dewan Juri; Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah sebagai Sekretaris Dewan Juri.

Lalu 15 orang juri lainnya yang terdiri dari perwakilan instansi pemerintah, asosiasi industri, media, masyarakat; serta Lembaga Penilaian Kesesuaian/LPK.

Dalam ajang ini, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk unit Sumedang & unit Gresik menerima penghargaan SNI Award 2021/2022.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala BSN, Kukuh S Achmad kepada Basuki Nur Rohman, Direktur Garudafood didampingi Cyril Patric (Business Unit Head) dan Felly Linawati (Business Unit Head) pada Rabu (30/11/2022) di Jakarta.

Baca juga: BSN: Kesadaran Masyarakat Membeli Produk Ber-SNI Meningkat

Garudafood melalui 2 pabriknya yakni unit Sumedang, Jawa Barat dan unit Gresik, Jawa Timur berpartisipasi dalam ajang SNI Award.

Adapun untuk unit Sumedang, Jawa Barat berhasil meraih kategori ‘Gold’ dan untuk unit Gresik, Jawa Timur, meraih kategori ‘Silver’ dari tim BSN dan dewan juri.

Pemberian penghargaan SNI Award pada tahun ini adalah yang ke-17 kalinya sejak tahun 2005 yang dilaksanakan oleh Badan Standardisasi Nasional dengan mengusung tema “The 17th National Quality Award of Indonesia”.

Wiki Terkait

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas