Tribun

KN Pulau Marore-322 Usir Kapal Bahama yang Berhenti di Jalur Lintas ALKI I

Kapal tersebut berhenti di tengah-tengah jalur lintas kapal ALKI I yang dapat membahayakan keamanan dan keselamatan lalu lintas pelayaran.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in KN Pulau Marore-322 Usir Kapal Bahama yang Berhenti di Jalur Lintas ALKI I
dok. Bakamla
KN Pulau Marore-322 milik Bakamla mengusir kapal Motor Vessel berbendera Bahama yang melakukan drifting (berhenti mengapung) di perairan Timur Laut Pulau Bintan, Kepulauan Riau, Minggu (4/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KN Pulau Marore-322 Bakamla RI yang sedang melaksanakan patroli mendapat informasi dari Puskodal Bakamla bahwa ada kapal motor vessel berbendera Bahama yang melakukan drifting (berhenti mengapung) di perairan Timur Laut Pulau Bintan, Kepulauan Riau pada Minggu (4/12/2022).

Komandan KN Pulau Marore-322 Letkol Bakamla Yuli Eko kemudian mendekati kapal yang sudah diketahui posisinya tersebut.

Pada TW 1202.1700, KN Pulau Marore-322 pada posisi 01° 30’ 36” U - 105° 16’ 58” T kemudian melaksanakan komunikasi radio dengan kapal target.

Berdasarkan hasil komunikasi, diketahui bahwa kapal tersebut bernama MV. PXGEO 2.

"Kapal tersebut berhenti di tengah-tengah jalur lintas kapal ALKI I yang dapat membahayakan keamanan dan keselamatan lalu lintas kapal yang berlayar," kata keterangan resmi Humas Bakamla RI pada Minggu (4/12/2022).

Berdasarkan keterangan dari Kapten MV PXGEO 2 Captain Simon P Robert, kapal berhenti dikarenakan menunggu jadwal masuk Singapura pada tanggal 6 Des 2022.

Namun alasan tersebut tidak dapat diterima karena berpotensi mengganggu ketertiban jalur lintas kapal di ALKI I.

"Komandan KN Pulau Marore-322 Letkol Bakamla Yuli Eko memerintahkan kepada MV PXGEO 2 untuk tidak melaksanakan drifting di dalam ALKI I dikarenakan melanggar hak lintas transit ALKI dan membahayakan navigasi kapal lain yang melintas," kata keterangan tersebut.

Baca juga: Pelaku Usaha Pelayaran Hati-hati Beli Kapal Imbas Ancaman Resesi 2023

"Kemudian, MV PXGEO 2 agar melaksanakan pelayaran dengan cepat minimum 8 knots," sambung dia.

Letkol Bakamla Yuli Eko juga menyarankan MV PXGEO 2 bergerak menuju area lego jangkar yang telah ditentukan oleh negara pantai Indonesia dan Malaysia.

Baca juga: Indonesia Bawa Isu Dekarbonisasi Pelayaran dalam Side Event G20 di Bali

"Menanggapi teguran dari KN P Marore-322 MV PXGEO 2 langsung bergerak menuju area lego jangkar dengan dibayangi KN P Marore-322," kata keterangan tersebut.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas