Tribun

Pemindahan Ibu Kota Negara

Tokoh Pemuda Soroti Peran Erick Thohir dalam Pembangunan IKN: Libatkan Tenaga Lokal

Tokoh pemuda dan intelektual Dayak, Elisae Sumandie menilai Menteri BUMN Erick Thohir sangat antusias pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Penulis: Erik S
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Tokoh Pemuda Soroti Peran Erick Thohir dalam Pembangunan IKN: Libatkan Tenaga Lokal
Instagram Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir berswafoto dengan generasi Milenial dan Gen Z (akun Instagram @erickthohir). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tokoh pemuda dan intelektual Dayak, Elisae Sumandie menilai Menteri BUMN Erick Thohir sangat antusias pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Menurut Elisae, Erick Thohir adalah orang yang menyiapkan Nusantara (IKN) sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

“Menjadikan IKN sebagai tuan rumah bukanlah pekerjaan sederhana. Erick harus memastikan Nusantara menjadi kota modern dengan dukungan teknologi yang sangat baik, memiliki fasilitas olah raga yang memadai, dan tentu saja menyediakan berbagai fasilitas tingkat dunia yang mumpuni. Dalam hal ini tentu saja Erick mampu. Dia sudah terbukti berhasil memimpin kementrian BUMN,” kata Elisae Sumandie dalam keterangannya, Rabu (7/12/2022).

Kata Elisae, jauh sebelum menerima tugas menyediakan IKN sebagai tuan rumah bagi perhelatan olah raga tingkat dunia pada tahun 2036, Erick sudah berbicara positif soal IKN.

Bukan saja sebagai simbol kemajuan, Erick melihat IKN seagai simbol kebhinekaan yang melebur menjadi kesatuan yang harmoni di Nusantara.

Simbol tersebut bisa dilihat dari penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi Indonesia di dalam kendi.

Di samping menggerakkan anak BUMN membangun IKN, Erick menjalin kerjasama dengan investor dari Uni Emirat Arab.

Erick juga menggarap soonicorn atau unicorn agar berinvestasi lewat Merah Putih Fund dengan syarat foundernya orang Indonesia, perusahaan harus beroperasi di Indonesia dan bayar pajak di Indonesia.

Erick juga menawarkan peluang investasi kepada para CEO dari perusahaan-perusahaan global yang disampaikan dalam perhelatan The 20th Forbes Global CEO Conference di Singapura.

Erick menyampaikan sudah beberapa investor dari Uni Emirat Arab siap berpartisipasi membangun IKN, seperti dari National Security Advisor Sheikh Tahnoun bin Zayed Al Nahyan, CEO Abu Dhabi Holding Mohamed Hassan Al Suwaidi, dan Executive Director Lulu Group Ashraf Ali. Menurut Erick, para investor di Abu Dhabi itu optimis dengan IKN.

Baca juga: IKN Nusantara Jadi Magnet Para Investor, Pengamat Dorong Pemerintah Realisasikan Komitmen Investasi

Melihat gerakan Erick yang aktif serta memiliki target jangka panjang, Elisae Sumandie berpendapat bahwa Erick memang tengah merancang Indonesia yang lebih maju melalui IKN. Gagasan-gagasan Soekarno dan Jokowi soal ke-Indonesiaan ada pada diri Erick Tohir.

“Pemuda Dayak di Kalimantan tentu akan mendukung gagasan cemerlang Erick Thohir. Dukungan itu tentu saja semakin menguat tatkala proyek dan program di IKN itu melibatkan tenaga kerja lokal, yaitu masyarakat Dayak di sekitar IKN. Untuk mendukung langkah itu, para pemikir dan cendikiawan lokal yang ada di kampus-kampus Kalimantan tentu saja siap memberikan support kepada Erick Tohir dan Pak Jokowi,” pungkas Elisae.
 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas