Tribun

Gempa Berpusat di Cianjur

Jokowi Minta Perbaikan Rumah Korban Gempa di Cianjur Segera Dimulai

Presiden Jokowi kembali mengunjungi korban gempa di Cianjur, Jawa Barat. Jokowi meminta perbaikan rumah warga yang terdampak gempa segera dibangun.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jokowi Minta Perbaikan Rumah Korban Gempa di Cianjur Segera Dimulai
Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi kembali mengunjungi korban gempa di Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Kamis (8/12/2022). Jokowi meminta perbaikan rumah warga yang terdampak gempa segera dibangun. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunjungi korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022).

Presiden menyerahkan sejumlah bantuan kepada para korban gempa di antaranya bantuan untuk perbaikan rumah.

Presiden meminta perbaikan rumah warga yang terdampak gempa tersebut segera dimulai.

"Titipan saya agar pembangunannya segera dimulai, rumah-rumah yang runtuh segera dibersihkan dari puing-puing," kata Jokowi.

Baca juga: Kunjungi Cianjur, Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Stimulan Rumah Korban Gempa

Presiden meminta uang bantuan perbaikan rumah digunakan sebaik-baiknya. Uang tersebut dapat dipakai untuk menambah biaya perbaikan rumah.

"Yang bisa dipakai batubatanya yang bisa dipakai ya dibersihkan dipakai lagi. Kayunya yang bisa dipakai juga agar bisa dipakai lagi. Setuju?” Katanya.

Sebelumnya Presiden menambah dana bantuan perbaikan rumah bagi setiap warga penerima korban gempa Cianjur.

Warga yang rumahnya rusak berat akan mendapat dana perbaikan sebesar Rp 60 juta dari sebelumnya Rp 50 juta.

Sementara itu untuk warga yang rumahnya rusak sedang akan mendapatkan bantuan Rp 30 juta dari yang awalnya hanya Rp 25 juta.

Sementara itu untuk warga yang rumahnya rusak ringan akan mendapatkan bantuan Rp 15 juta dari yang sebelumnya Rp 10 juta.

"Tetapi tadi malam saya hitung-hitung lagi. Saya hitung-hitung lagi. Karena memang itu saat di NTB, saat di Palu memang bantuannya sebesar itu. Tetapi tadi malam saya hitung-hitung lagi. Tadi pagi saya sudah juga menyampaikan ke Menkeu, ada uang atau tidak. Ternyata ada sedikit," katanya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas