Tribun

Pihak Kemenkumham Klaim Tak Ada Arsip Penting yang Ikut Terbakar 

(Kemenkumham) mengklaim tak ada barang penting yang hangus terbakar imbas kebakaran di kantor Kemenkumham sekitar pukul 10.40 WIB Kamis (8/12/2022)

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Pihak Kemenkumham Klaim Tak Ada Arsip Penting yang Ikut Terbakar 
Dok Kemenkumham, istimewa
Kantor Kementerian Hukum dan HAM di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan kebakaran pada salah satu bagiannya, Kamis (8/12/2022). 

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengklaim tak ada barang penting yang hangus terbakar imbas kebakaran di kantor Kemenkumham sekitar pukul 10.40 WIB Kamis (8/12/2022) tadi.

Koordinator Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Tubagus Erif Faturahman menjelaskan bahwa objek yang terbakar hanya barang dan arsip lama.

"Cuma arsip persuratan, barang bekas dan alat tulis kantor lama yang sudah tidak terpakai," kata Tubagus Erif dalam keterangannya, Kamis (8/12/2022).

Dirinya pun memastikan tidak ada arsip atau dokumen penting yang terbakar dalam insiden tersebut.

"Alhamdulillah bukan barang barang atau arsip penting," jelasnya.

Sebelumnya Erif juga menjelaskan adapun ruang yang terbakar itu merupakan gudang barang penyimpanan milik negara (BMN).

"Gudang penyimpanan barang milik negara (BMN) kantor Kemenkumham mengalami kebakaran Kamis (8/12/2022) sekitar pukul 10.40 WIB," sebut Tubagus Erif dalam keteranganya, Kamis (8/12/2022).

Terkait kebakaran itu, saat ini petugas pemadam kebakaran disebutnya telah tiba di kantor Kemenlumham untuk melakukan proses pemadaman.

"Petugas pemadam kebakaran telah dikerahkan ke lokasi, saat ini api sudah mereda dan masih ditangani oleh petugas," jelasnya.

Tubagus pun menerangakan, bahwa saat ini seluruh pegawai yang ada di gedung tersebut sudah dilakukan evakuasi secara menyeluruh.

Seluruh pegawai itu disebutnya dievakuasi melalui tangga darurat sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Baca juga: Terjadi Kebakaran di Kantor Kemenkumham Hari Ini, Arsip-arsip Negara Dipastikan Aman dari Api

Untuk penyebabnya sendiri, sampai saat ini Tubagus belum bisa menyimpulkan hal tersebut.

Ia pun memastikan tidak ada korban dalam insiden kebakaran tersebut.

"Penyebab kebakaran masih dalam tahap penyelidikan dan hingga saat ini tidak ada korban jiwa maupun luka yang diakibatkan insiden itu," pungkasnya. 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas