Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KLHK Sebut Pentingnya Peran Para Pemuda Dalam Pelestarian Hutan

Dirjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan KLHK, Dyah Murtiningsih mengatakan pentingnya peran anak muda dalam menjaga lingkungan.

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in KLHK Sebut Pentingnya Peran Para Pemuda Dalam Pelestarian Hutan
ist
Ilustrasi hutan. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK) menyebut pentingnya peran melestarikan hutan dilakukan sejak usia muda. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK) menyebut pentingnya peran melestarikan hutan dilakukan sejak usia muda.

Dirjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan KLHK, Dyah Murtiningsih mengatakan pentingnya peran anak muda dalam menjaga lingkungan.

 “Dalam menjaga lingkungan semua orang memiliki peran, termasuk anak muda. Merekalah generasi penerus yang memiliki andil besar dalam menentukan masa depan alam dan lingkungan di kehidupan kita dan anak cucu di masa mendatang,” kata Dyah dalam keterangan persnya, Senin (19/12/2022).

Baca juga: Negara-negara Pemilik Hutan Tropis Harus Berperan Cegah Perubahan Iklim Ekstrem

Pada kesempatan itu, KLHK dengan Odysee Education bersama ‘Hutan Itu Indonesia’ dan ‘Teens Go Green’ memberikan edukasi kepada ratusan pelajar serta pendidik Indonesia jenjang SD, SMP hingga SMA.

Oydsee Education ajak anak muda lebih peduli lingkungan dan menekankan pentingnya melestarikan pohon untuk pemulihan sumber daya lahan dan hutan, sehingga tercipta lingkungan yang lestari dan mampu mendukung keberlangsungan makhluk hidup ke depannya.

CEO Odysee Education Alfin Christiano mengungkapkan Odysee Education terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan cara mendampingi lembaga pendidikan formal dalam peningkatan mutu pendidikan dari segi memperbaiki sistem manajemen sekolah, kurikulum, maupun memberikan pelatihan dan penempatan tenaga pengajar terbaik ke sekolah-sekolah.

“Kami percaya pendidikan berkualitas bagi para siswa siswi tidak hanya di dalam kelas, namun juga di luar kelas. Oleh karena itu, kegiatan edukasi mengenai pelestarian pohon dan lingkungan hari ini merupakan salah satu metode pendidikan luar kelas yang diberikan kepada para pelajar agar dapat membentuk karakter generasi muda  yang mau dan mampu berkontribusi terhadap lingkungan,” ujarnya.

BERITA TERKAIT

Alfin menyebut pihaknya memiliki berbagai mitra sekolah dari berbagai jenjang dengan puluhan ribu siswa/i yang tersebar di seluruh Indonesia, kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan kualitas serta meningkatkan semangat generasi muda dalam mencitai lingkungan.

Baca juga: Ekosistem Hutan Batangtoru Tapanuli Terancam Deforestasi

Sejak 28 November 2022, Odysee Education telah menyelenggarakan rangkaian acara untuk para pelajar SD hingga SMA berupa Recycle Poster Competition yang bertujuan agar mereka dapat meningkatkan kreativitas dalam mendesain poster.

“Kami berharap poster-poster karya para pelajar dapat mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menanam pohon dan menjaga lingkungan. Hasil dari lomba poster tersebut pun didonasikan kepada ‘Hutan Itu Indonesia’ untuk melestarikan pohon-pohon di hutan Indonesia,” tambah Alfin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas