Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kapolri Perintahkan Densus 88 Pantau Pergerakan Jaringan Teroris Jelang Natal dan Tahun Baru

Densus 88 Anti teror Polri bakal terus memantau adanya potensi jaringan terorisme di seluruh Indonesia jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Kapolri Perintahkan Densus 88 Pantau Pergerakan Jaringan Teroris Jelang Natal dan Tahun Baru
Tribunnews.com/ Fahmi Ramadhan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat mengecek kesiapan pasukan dari atas mobil korps Brimob saat Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2022). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut Densus 88 Anti teror Polri bakal terus memantau potensi terorisme di seluruh Indonesia jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

Menurut Sigit pemantauan ini akan lebih diintensifkan pasca aksi teror bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar beberapa waktu lalu.




"Sudah saya perintahkan rekan-rekan Densus untuk melakukan hal itu," tegas Kapolri di Lapangan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2022).

Kapolri juga mengatakan, pihaknya pun akan meningkatkan pengamanan pada tempat ibadah dengan memasang X Ray di tiap gereja dan lokasi lain yang digunakan untuk perayaan ibadah Natal.

"Ini tentunya sudah dipantau namun kita tetap melakukan tahapan sterilisasi dan juga kita pasang X Ray bagi yang melaksanakan ibadah dan akan dilakukan pemeriksaan barang bawaan," sebutnya.

Ia juga memerintahkan Densus 88 guna mewaspadai dan mengambil langkah-langkah apabila mendeteksi adanya ancaman teror tersebut.

BERITA TERKAIT

"Sehingga seluruh rangkaian pada saat pengamanan tempat ibadah dan kita memasuki tahun 2023 seluruh masyarakat betul-betul bisa aman dari ancaman dan gangguan yang kita prediksi," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 2.195 personel gabungan telah melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin 2022 dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Lapangan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2022).

Apel gelar pasukan yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono itu digelar sekitar pukul 09.00 WIB.

Baca juga: Polres Indramayu Kerja Sama dengan Brimob Polda Jabar Sterilisasi Gereja Jelang Perayaan Natal

Dalam amanat yang diberikan, Sigit menekankan beberapa hal kepada seluruh personel yang diterjunkan dalam Operasi Lilin Jaya 2022 tahun ini.

Salah satu hal yang ditekankan Sigit yakni mengenai beberapa gangguan yang berpotensi terjadi pada saat perayaan Nataru yang akan datang.

"Pada sisi keamanan terdapat beberapa potensi gangguan yang harus diwaspadai seperti kemacetan, kepadatan bandara, terminal dan pelabuhan," kata Sigit dalam amanatnya.

Selain itu, potensi ancaman terorisme juga dikatakannya menjadi hal yang perlu diwaspadai selama perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini.

Sigit menegaskan, dirinya tak ingin kejadian teror di Polsek Astanaanyar kembali terjadi terlebih pada perayaan Natal dan Tahun Baru yang sudah bisa dihadiri oleh masyarakat.

"Tingkatkan Patroli di daerah rawan, ancaman teroris juga menjadi potensi gangguan serius. Perlu saya tekankan, potensi teroris seperti di Polsek Astanaanyar tidak boleh terjadi, lakukan penjagaan ketat," tegas Kapolri.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menambahkan, pihaknya mengaku siap membantu Polri dalam pengamanan perataan Nataru kali ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas