Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cegah Ideologi Ekstrem, Penting Tanamkan Nilai Moderasi Beragama pada Generasi Muda

Dalam dunia pendidikan di Indonesia, penting bagi lingkungan akademis selalu menekankan pentingnya moderasi beragama.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Erik S
zoom-in Cegah Ideologi Ekstrem, Penting Tanamkan Nilai Moderasi Beragama pada Generasi Muda
Istimewa
Acara Focus Group Discussion (FGD) Pendidikan Moderasi Beragama bertajuk 'Membangun Harmoni, Memajukan Negeri' yang digelar Yayasan Santriversitas Harapan Indonesia di Gedung Convention Hall UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Senin (26/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Pendidikan sangat penting dan merupakan hak bagi semua anak agar dapat mengembangkan potensi diri dan menjadi generasi yang berprestasi.

Saat anak mendapatkan pendidikan yang memadai, maka visi pemerintah menghasilkan Generasi Emas 2045 pun dapat tercapai.

Baca juga: Pentingnya Akses Nutrisi dan Pendidikan yang Baik Demi Wujudkan Generasi Emas 2045




Sementara itu, dalam dunia pendidikan di Indonesia, penting bagi lingkungan akademis selalu menekankan pentingnya moderasi beragama.

Mengacu pada pentingnya moderasi beragama dalam dunia pendidikan, Yayasan Santriversitas Harapan Indonesia pun mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Pendidikan Moderasi Beragama bertajuk 'Membangun Harmoni, Memajukan Negeri', di Gedung Convention Hall UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Senin (26/12/2022).

Sekretaris Jenderal Santriversitas, Selamet Mujahidin Sya'bani mengatakan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan generasi muda Indonesia. 

"Kita selalu memiliki komitmen untuk mendidik generasi muda Indonesia untuk bisa mempersiapkan diri menyambut generasi emas 2045," kata Selamet.

BERITA TERKAIT

Dalam mendidik generasi muda Indonesia, kata dia, diperlukan penanaman nilai-nilai moderasi beragama sebagai bagian dari kemitraan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Filanesia Diharapkan Bisa Melahirkan Generasi Emas Sepak Bola Indonesia di Masa Depan

"Kita memandang perlunya sikap moderat bagi generasi Indonesia agar kecintaan mereka terhadap negara Indonesia tetap terjaga," tegas Selamet. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah DIY, Masmim Afif menekankan bahwa pendidikan moderasi beragama bagi mahasiswa dan santri sangat penting untuk 'menyaring' ideologi yang bisa mengancam keutuhan NKRI. 

Baca juga: Pentingnya Akses Nutrisi dan Pendidikan yang Baik Demi Wujudkan Generasi Emas 2045

"Pendidikan Moderasi beragama menjadi sangat penting di konteks Indonesia yang sangat beragam ini, bukan untuk memoderatkan agama, tapi mengamalkan agama dengan cara moderat sebagai upaya menjaga NKRI," kata Masmim.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas